Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDK Don Bosco 4 Pada Materi Perpindahan Kalor Menggunakan Model Pembelajaran CTL Dengan Berbantuan Media Kartu (Card Sort)
XMLRumusan masalah penelitian ini adalah : Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDK Don Bosco 4 pada materi perpindahan kalor menggunakan model pembelajaran CTL dengan berbantuan media kartu (Card sort) ? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDK Don Bosco 4 pada materi perpindahan kalor menggunakan model pembelajaran CTL dengan berbantuan media kartu (Card sort). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut : Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Lokasi pada penelitian ini di SDK Don Bosco 4 Kota Kupang. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas V yang berjumlah 21 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitiaan pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa adalah 57,14% dan pada siklus II meningkat menjadi 90,48%. Selisih kenaikan presentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 33,34%. Hal ini menunjukan bahwa hasil penelitian pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan dimana >80% siswa mendapatkan nilai >70. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran CTL dengan berbantuan media kartu (Card sort) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi perpindahan kalor di SDK Don Bosco 4.
Kata kunci : Model CTL, Media kartu (Card sort), Hasil belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
YUNITA EUNIKE SELLY - Personal Name
|
Student ID |
1901140323
|
Dosen Pembimbing |
Damianus Dao - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Dr.Damianus Dao samo - 1983123120121003 - Ketua Penguji
ADAM BENU - - Penguji 1 Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 SEL P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |