PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 KUPANG TENGAH

Detail Cantuman

Skripsi

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 KUPANG TENGAH

XML

Pengembangan video pembelajaran berbasis dengan animasi pada materi sistem peredaran darah pada manusia untuk kelas XI MIPA SMAN 1 Kupang Tengah, bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video dengan menggunakan animasi sebagai sumber belajar dalam memecahkan masalah pembelajaran dan mengetahui validitas media pada materi sistem peredaran darah pada manusia. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Kupang Tengah pada tanggal 8 Juni 2022. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE dari Robert Meribe Branch. Tahap model pengembangan meliputi 1.Tahap Analyze dilakukan analisis kinerja, analisis kebutuhan, dan analisis materi pada mata pelajaran Biologi kelas XI, 2.Tahap Design, tahap perancangan desain video pembelajaran yang akan dikembangkan, 3.Tahap Development, dilakukan oleh validator media dan validator materi kemudian dilakukan revisi untuk perbaikan produk berdasarkan saran dan masukan dari kedua validator, 4.Tahap Implementation dilakukan dengan mengujicobakan media video pembelajaran pada peserta didik. Sedangkan untuk respon peserta didik akan dinilai oleh siswa SMAN 1 Kupang Tengah yaitu ujicoba skala terbatas dengan jumlah 15 orang siswa, 5.Tahap Evaluation dilakukan dari hasil ujicoba produk setelah melalui tahap ujicoba produk, produk akan diukur kembali berdasarkan angkaet respon peserta didik. Hasil penilaian ahli materi dan ahli media terhadap kelayakan yaitu media video pembelajaran dengan animasi ini memiliki kategori “baik” dengan presentase keseluruhan masing-masing 79,4% untuk materi dan 76,6% untuk media. Hasil uji respon siswa terhadap media termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan presentasi 90,7%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest adalah 35, sedangkan postest adalah 89,5, sehingga dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran dengan animasi pada materi sistem peredaran darah pada manusia untuk kelas XI MIPA SMAN 1 Kupang Tengah layak digunakan.
Kata Kunci: Pengembangan Video Pembelajaran, Hasil Belajar, Materi Sistem Perderan Darah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1701040035
Dosen Pembimbing
ANDAM S ARDAN - 197205271999032001 - Dosen Pembimbing 1
NIKMAH - 196410231990012001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Ketua Penguji
Nikmah - 196410231990012001 - Penguji 1
Angela Gabriela Lika - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 MIS P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA