PERILAKU POLITIK MASYARAKAT DESA PENFUI TIMUR PEMILIHAN ANGGOTA LEGISLATIF TAHUN 2019 (Studi kasus : Pemilihan Anggota Legislatif DPRD Kabupaten Kupang di Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

PERILAKU POLITIK MASYARAKAT DESA PENFUI TIMUR PEMILIHAN ANGGOTA LEGISLATIF TAHUN 2019 (Studi kasus : Pemilihan Anggota Legislatif DPRD Kabupaten Kupang di Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang)

XML

Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan perilaku politik masyarakat Desa Penfui Timur dalam pemilihan anggota legislatif DPRD Kabupaten Kupang. Dalam penelitian untuk menggambarkan dan meganalisis perilaku politik serta faktor apa yang mempengaruhi dengan menggunakan Teori perilaku Pemilih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, obsevasi, dan setudi dokumentasi. Data primer yang diperoleh dalam penelitian ini melalui proses wawancara kepada beberapa informan yang tersebar di Desa Penfui Timur yang terlibat dalam pemilihan umum. Untuk menunjang data primer kemudian penulis menggunakan data sekunder yang berasal dari dokumen dokumen berupa data penggunaan hak pilih, data partisipasi pemilih masyarakaat Penfui Timur yang didapatkan dari komisi pemilihan umum (KPUD) Kabupaten Kupang serta atikel yang relevan dengan penelitian ini kemudian di analisis dengan beberapa tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini sesuai dengan standar yang ditentukan serta kriteria yang ditetapkan yaitu informan dari Desa Penfui Timur dan terlibat dalam pemilihan umum calon anggota legislatif DPRD Kabupaten Kupang tahun 2019. Dalam penelitian ini informan berjumlah 8 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Masyarakat Penfui timur pada dasarnya memiliki pemahaman yang cukup tinggi terhadap politik menyebabkan mereka memiliki kesadaran yang cukup tinggi untuk aktif berpartisipasi dalam pemilihan umum khususunya pemilihan calon anggota legislatif DPRD Kabupaten Kupang. Keterlibatan pada ajang pesta demokrasi atau pemilihan umum masyarakat dalam perilaku politiknya sangat antusias dalam menentukan penggunaan hak pilih. Perilaku politik masyarakat Penfui Timur dalam menentukan pilihannya dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: faktor sosiologis pemilih (latar belakang demografi dan sosial ekonomi), faktor psikologis pemilih (kedekatan/keterikatan kandidat dengan pemilih) dan faktor rasional pemilih (pemilih cerdas dalam menggunakan pilihanya mempertimbangkan figur calon yang akan di pilih apakan layak dipilih dan memilki rasa tanggung jawab).
Kata Kunci: Perilaku Politik, Masyarakat, Pemilihan Anggota Legislatif


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ANDRIANUS VALDI - Personal Name
Student ID
1803030085
Dosen Pembimbing
ESRAH DISYON NINO AM BENU - 197912042009121003 - Dosen Pembimbing 1
LASARUS JEHAMAT - 197805242006041006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Esrah Disyon Nino Am Benu - 197912042009121003 - Ketua Penguji
Lasarus Jehamat - 197805242006041006 - Penguji 1
Balkis Soraya Tanof - 196801301994032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Val P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA