Makna Pemberian Nama (Beore) Di Desa Horinara Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flores Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Makna Pemberian Nama (Beore) Di Desa Horinara Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flores Timur

XML

Maria Febrianti Kabellen (2023), Program Studi PPKn FKIP Undana, judul “makna pemberian nama (beore) di desa horinara kecamatan kelubagolit kabupaten flores timur” (Dr. Leonard Lobo, M. Kes sebagai pembimbing I dan Daud Yefkansius Nassa, S.Pd.,M.Pd sebagai pembimbing II).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji apa makna dari tradisi pemberian nama pada anak (Beore) dan juga untuk mendeskripsikan jalanya proses seremoni pemberian nama pada anak dan hal apa saja yang dibuthkan serta dipertimbangkan dalam pelaksanna seremoni pemberian nama pada anak Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yaitu memperoleh data-data secara tertulis dan lisan dari orang-orang atau pelaku utama yang diamati. Data yang dikumpulkan baik data primer maupun sekunder yang telah diperoleh dari lapangan dalam bentuk kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami.
Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah imforman yang dipakai dalam penelitian ini berjumlah empat orang, yang mana para narasumber ini merupakan tokoh masyarakat, budayawan dan ketua suku di desa Horinara.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tiga makna penting yang terkandung dalam seremoni pemberian nama pada anak, antara lain: keberanian, rendah hati, dan kehormatan. Diharapkan nama yang dilekatkan pada anak dapat menjadi buku pedoman dalam melangsungkan kehidupan kedepanya sehingga bisa tumbuh menajdi anak yang berani berpendirian tegas dalam membela kebenaran,selalu rendah hati untuk melayani setiap orang yang membutuhkan pertolongan serta menyadarkan anak bahwa namanya merupakan suatu kehormatan karena diambil dari nama-namaleluhurataupun tokoh masyarakt yang pernah berjasa.

Kata kunci: makna nama anak desa Horinara


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Febrianti Kabellen - Personal Name
Student ID
1901070052
Dosen Pembimbing
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
MARIA L BRIBIN - 199305132019032025 - Ketua Penguji
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Penguji 1
Daud Y. Nassa - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 len M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA