ANALISIS PENGETAHUAN DENGAN SIKAP RESPONDEN TENTANG INFORMASI LABEL PANGAN PADA MAKANAN KEMASAN DI DAERAH RURAL DAN URBAN DI WILAYAH KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN (TTS)

Detail Cantuman

Tesis

ANALISIS PENGETAHUAN DENGAN SIKAP RESPONDEN TENTANG INFORMASI LABEL PANGAN PADA MAKANAN KEMASAN DI DAERAH RURAL DAN URBAN DI WILAYAH KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN (TTS)

XML

Latar Belakang: Akses terhadap makanan kemasan semakin meningkat, namun sikap dan pengetahuan tentang label pada makanan kemasan masih rendah. Tujuan penelitian: untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap responden tentang informasi label pangan makanan kemasan di pedesaan dan perkotaan di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Metode cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni- Oktober 2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan quota sampling. Jumlah subjek 220 orang. Kriteria inklusi yang digunakan; laki-laki atau perempuan yang sering membeli makanan kemasan di kios yang dipilih sebagai lokasi penelitian, laki-laki atau perempuan (usia 15–55 tahun), sehat jasmani dan rohani, berdomisili di daerah penelitian, dan ingin menjadi subjek. Lokasi penelitian berada di perkotaan dan pedesaan. Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Kuesioner yang digunakan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data: Distribusi frekuensi digunakan pada analisa univariat untuk menganalisis demografi, pengetahuan, dan sikap subjek. Uji chi square pada analisa bivariat untuk analisis hubungan antara pengetahuan dan sikap distributor tentang informasi pada label makanan dan hubungan antara pengetahuan dan sikap konsumen tentang informasi pada label makanan. Uji T digunakan untuk uji perbandingan pengetahuan distributor di urban dan rural dan uji perbandingan pengetahuan konsumen di urban dan rural. Hasil Terdapat hubungan antara pengetahuan dan sikap distributor tentang informasi label pangan kemasan (p = 0,00 < 0,05), terdapat hubungan antara pengetahuan dan sikap konsumen tentang informasi label pangan kemasan (p = 0,00 < 0,05). Uji T untuk mengetahui perbedaan pengetahuan distributor dan pengetahuan konsumen di daerah rural dan urban, nilai Sig (2-tailed) adalah 0.00 dan < 0.05, maka terdapat perbedaan yang signifikan pada pengetahuan distributor dan konsumen pengetahuan yang berada di daerah rural dan urban. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan sikap pada distributor dan pada konsumen dan terdapat perbandingan pengetahuan pada distributor yang berada di daerah rural dan urban dan terdapat perbandingan pengetahuan konsumen yang berada di daerah rural dan urban. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil penelitian ini adalah tingkat pendidikan distributor dan konsumen, pemahaman, paparan sumber informasi dan kebiasaan membaca tentang informasi label pangan pada makanan kemasan.
Kata kunci: Label pangan, Makanan Kemasan dan Sikap dan Pengetahuan


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
CHRISTIANA E.H. NUBAN - Personal Name
Student ID
1911080012
Dosen Pembimbing
Noorce C. Berek - 19721117 200501 2 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Christina Olly Lada - 197204082005012002 - Ketua Penguji
Noorce C. Berek - - Penguji 1
Frans Umbu Datta - 196002091987031003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
13101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
131.01 Nub A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA