PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TEMA 5 SUBTEMA 2 DI KELAS V SD NEGERI PLANGGAY KABUPATEN SUMBA TIMUR

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TEMA 5 SUBTEMA 2 DI KELAS V SD NEGERI PLANGGAY KABUPATEN SUMBA TIMUR

XML

Skripsi oleh Ronaldo Umbu Mbadi NIM. 1901140064 dengan judul
“Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap hasil belajar ipa tema 5
subtema 2 kelas 5 di SD Negeri Palanggay Kabupaten Sumba Timur” Masalah
dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan
antara model Problem Based Learning terhadap hasil belajar Siswa materi
Rantai makanan pada Ekosistem kelas V SD Negeri palanggay dengan Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tentang tema 5 subtema 2. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas V SD Negeri Palanggay yang berjumlah 21 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) Tes. Instrumen penelitian yaitu tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan, terlebih dahulu digunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dan digunakan untuk uji hipotesis.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Palanggay Kabupaten Sumba Timur Kelas 5. Selanjutnya hasil pengujian Hipotesis, menggunakan paired sample T-test menunjukan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukan bahwa pada taraf signifikansi (2-tailed) < 0,05. Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan hal ini disebabkan karena nilai sig. (2-tailed) < 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada data Pretest-posttest.Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara model Problem Based Learning terhadap hasil peserta didik pada materi Hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem di kelas V SD Negeri Palanggay

Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ronaldo Umbu Mbadi - Personal Name
Student ID
1901140064
Dosen Pembimbing
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Mba P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA