Skripsi
Pengembangan Bahan Ajar Sistem Peredaran Darah Manusia Berbasis Learning Cycle 5E Untuk Siswa Kelas VIII SMP
XMLTujuan penelitian untuk menghasilkan produk bahan ajar sistem peredaran darah manusia berbasis Learning Cycle 5E untuk siswa kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan model pengembangan Research and Depelopment (R&D) dengan desain 4D. Sampel penelitian peserta didik kelas VIII 15 orang. Instrument penelitian berupa lembar validasi untuk menilai validitas dari bahan ajar yang dikembangkan. Teknik analisis data dalam penelitian ini analisis data kualititatif deskriptif yang memarparkan hasil pengembangan berupa bahan ajar berbasis Learning Cycle 5E. Berdasarkan langkah pengembangan bahan ajar mengacu pada pengembangan Research & Development (R & D) dengan alur penelitian 4D yang terdiri atas tahap Define, Design, Develop dan Disseminate . Penilaian bahan ajar dilakukan dengan 4 tahap. Pertama penilain ahli media dengan kevalidan 87%. Kedua penilaian ahli materi dengan kevalidan 90%. Ketiga Guru IPA Biologi dengan skor 91% . Keempat penilaian 15 orang siswa dengan skor 96%. Hasil uji coba diatas adalah bahan ajar yang dikembangkan efektif digunakan siswa dalam belajar.
Kata kunci: Pengembangan, Model Learning Cycle 5E, Sistem Peredaran Darah Manusia
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ARYANTO UMBU AMAS - Personal Name
|
Student ID |
1801040035
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
PAULUS TAEK - - Ketua Penguji
MARIO J. SANTRUM - 1961405241992031002 - Penguji 1 Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 AMA P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |