Skripsi
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMA 3 BENDA DI SEKITARKU SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1 TENTANG PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDI LASIANA KOTA KUPANG
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tentang tema 3 Benda di sekitarku subtema 3 Perubahan wujud benda pembelajaran ke-1 dengan model discovery learning di kelas 3 SDI Lasiana. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDI Lasiana pada pembelajaran tema 3 benda di sekitarku subtema 3 pembelajaran 1 tentang perubahan wujud benda.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. dengan mengambil lokasi di SD Inpres Lasiana kota kupang kelas 3. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas III yang berjumlah 25 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 44% meningkat menjadi 92% pada siklus II, dengan peningkatan presentase 56%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dalam pembelajaran tentang tema 3 Benda di sekitarku subtema 3 perubahan wujud benda pembelajaran ke-1 dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III SDI Lasiana kota kupang.
Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Benda.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Welmi Apastel Nasarani Pandie - Personal Name
|
Student ID |
1901140091
|
Dosen Pembimbing |
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1 Marsi D.S. Bani, S.Pd., M.Pd - 19820314 200812 1 001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Pan P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |