ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PENYELESAIAN PROYEK KONSTRUKSI BENDUNGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP BIAYA (STUDI KASUS: BENDUNGAN MANIKIN DAN BENDUNGAN TEMEF)

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PENYELESAIAN PROYEK KONSTRUKSI BENDUNGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP BIAYA (STUDI KASUS: BENDUNGAN MANIKIN DAN BENDUNGAN TEMEF)

XML

Kegiatan proyek konstruksi terdapat 3 hal yang penting dan berpengaruh terhadap keberhasilannya yaitu biaya, mutu dan waktu. Perencanaan suatu proyek konstruksi selalu mengacu pada perkiraanperkiraan yangadapadasaatrencanapembangunanitudibuat,sehinggamasalah dapat terjadi jika terdapat ketidaksesuaian antara rencana yang sudah dibuat dengan realisasi di lapangan. Sehingga dampak yang sering terjadi adalah keterlambatan waktu pelaksanaan proyek, yang juga disertai dengan kenaikan biaya pelaksanaan proyek tersebut. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab keterlambatan, pengaruh faktor-faktor keterlambatan terhadappenggunaan biaya dan solusi mengatasi keterlambatan pelaksanaan proyek konstruksi bendungan. Manfaat dilakukan penelitian ini adalah dapat menambah wawasan mengenai faktor-faktor penyebab keterlambatan, dapat menambah pengetahuan dan informasi mengenai faktor-faktor yang menyebabkan keterlambatan pelaksanaan pekerjaan proyek konstruksi bendungan dan pengaruhnya terhadap biaya. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner dan kemudian diolah menggunakan bantuan program komputer SPSS v26. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, teknik analisis faktor, uji normalitas, regresi linier berganda dan analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini terdapat 3 faktor baru yang diperoleh dari hasil ekstraksi 8 variabel, yang menggunakan analisis faktor berupa jadwal pekerjaan dan manajerial lapangan serta perubahan desain (Xb1), tenaga kerja dan pengalaman kerja serta kepemimpinan (Xb2), bahan konstruksi dan situasi lingkungan (Xb3). Dari hasil analisis, diperoleh persamaan regresi linear berganda yaitu, Y= 4,982 + 0,377 Xb1 + 0,264 Xb2 + 0,204 Xb3. Ketiga variabel bebas tersebut memiliki pengaruh positif terhadap biaya yang artinya semakin meningkatnya ketiga variabel bebas, maka akan meningkat pula pemakaian biaya. Solusi untuk mengatasi keterlambatan yaitu pihak owner harus memastikan bahwa lahan yang akan dikerjakan sudah siap dibangun sehingga tidak ada masalah mengenai penutupan lahan oleh masyarakat saat proyek berjalan menambah tenaga kerja sesuai kebutuhan, menjaga komunikasi yang baik antar pihak-pihak dalam proyek, melibatkan pihak-pihak yang bersangkutan saat penggambilan keputusan, memaksimalkan pekerjaan pada saat musim kemarau, menyusun jadwal pengadaan dan pengiriman bahan yang mengacu pada rencana pekerjaan di lapangan.
Kata Kunci: Analisis faktor, biaya, keterlambatan, proyek bendungan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Sara Fay - Personal Name
Student ID
1706010102
Dosen Pembimbing
ANDI HIDAYAT RIZAL - 196112221989031001 - Dosen Pembimbing 1
DENIK SRI KRISNAYANTI - 197512282000122001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andi Hidayat Rizal - 196112221989031001 - Ketua Penguji
Denik Sri Krisnayanti - 197512282000122001 - Penguji 1
Ruslan Ramang - 195901091986031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
222.01 Fay S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA