Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di SD GMIT Camplong 2 Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di SD GMIT Camplong 2 Kabupaten Kupang

XML

Rumusan masalah penelitian ini adalah : bagaimana penerapan model inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV yang signifikan melalui penerapan model inkuiri pada tema 2, subtema 1, pembelajaran 3 di SD GMIT Camplong 2. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes serta refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas IV yang berjumlah 16 orang dengan rincian 11 laki-laki dan 5 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Penelitian ini dilakukan di SD GMIT Camplong 2, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I sebanyak 9 siswa dari 16 siswa subjek yang tuntas, sedangkan 7 orang lainnya tidak mencapai standar ketuntasan. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa meningkat yakni dari 16 siswa subjek, 14 siswa subjek yang tuntas, sedangkan 2 orang lainnya belum mencapai standar ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model ikuiri pada tema 2, subtema 1, pembelajaran 3 tentang energi alternatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD GMIT Camplong 2 Kabupaten Kupang.
Kata kunci: Inkuiri, Energi Alternatif, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
BELANDINA RIWU - Personal Name
Student ID
1801140054
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1
Febriani - 199202132018032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 RIW P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA