Skripsi
Pengaruh Pemberian Pelatihan Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Pada Siswa SD Inpres Mapoli Kecamatan Kota Raja Tahun 2022
XML
Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari-jemari menggunakan air dan sabun untuk menjadi bersih. Sekolah adalah suatu institusi masyarakat yang telah terorganisir secara baik, kesehatan anak usia sekolah akan menentukan kesehatan masyarakat dan bangsa di masa yang akan datang. Permasalahan yang sering terjadi pada anak usia sekolah biasanya selalu berkaitan dengan kebersihan perorangan dan lingkungan salah satunya adalah cuci tangan pakai sabun. Anak usia sekolah adalah periode perkembangan yang merupakan kelompok masyarakat yang mempunyai resiko tinggi. Anak usia sekolah adalah waktu paling tepat untuk menanamkan pengertian dan kebiasaan hidup sehat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemberian pelatihan cuci tangan pakai sabun terhadap pengetahuan dan perilaku pada siswa SD Inpres Mapoli, Kecamatan Kota Raja Tahun 2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimental dengan populasi dalam penelitian ini sebanyak 130 siswa. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa terbagi atas kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 30 siswa yang diambil menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji repeated measures ANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan yang signifikan (p < 0,001) dengan effect size yang besar (0,611). Pelatihan ini juga dapat meningkatkan terjadinya perubahan perilaku CTPS pada siswa (p < 0,001) dan effect size yang besar (0,778). Penelitian ini menyatakan p value < 0,05 berarti H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya ada pengaruh pelatihan cuci tangan pakai sabun terhadap pengetahuan dan perilaku mencuci tangan pada anak sekolah dasar. Saran yang bisa disampaikan sehubungan dengan penelitian ini adalah sebaiknya diharapkan SD Inpres Mapoli selalu menerapkan pelatihan CTPS yang sudah diberikan sehingga membantu dalam keterampilan kesiapan anak baik dari segi teori maupun praktek dalam meningkatkan pengetahuan dan perilaku siswa.
Daftar Pustaka: 48 (1961-2022)
Kata Kunci: Pelatihan, Pengetahuan, Perilaku, Langkah CTPS
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
STEPHANY RAHMAWATI - Personal Name
|
Student ID |
1807010130
|
Dosen Pembimbing |
RIBKA LIMBU - 197410022003122001 - Dosen Pembimbing 1
R. PASIFIKUS Ch WIJAYA - 198306082018031001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Ribka Limbu - 197410022003122001 - Ketua Penguji
R. PASIFIKUS Ch WIJAYA - 198306082018031001 - Penguji 1 Christina Rony Nayoan - 198112052005012001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
13101
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Kesehatan Masyarakat
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
132.01 RAH P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |