PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING (QUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD KATOLIK DON BOSKO I KUPANG PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING (QUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD KATOLIK DON BOSKO I KUPANG PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA

XML

Masalah yang diambil dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara model inkuiri terbimbing (quided inquiry) terhadap hasil belajar Siswa kelas IV SD Katolik Don Bosko I Kupang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitan Quaisi Expermental Design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IV SD Katolik Don Bosko I Kupang yang berjumlah 37 orang yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas A dengan jumlah 20 orang dan kelas B dengan jumlah 17 orang, kelas A dijadikan sebagai kelas Ekperimen dan kelas B dijadikan sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik populatif sampling dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) Tes. Instrumen penelitian yaitu tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan, terlebih dahulu digunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dan digunakan untuk uji hipotesis dan uji Lanjutan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara Model Inkuiri terbimbing (Quided Inquiry) terhadap Hasil Belajar siswa. Terbukti dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan menerapkan model Inkuiri terbimbing (Quided Inquiry) mencapai 87,65 lebih tinggi daripada persentasi nilai yang mencapai KKM pada pembelajaran sebelum diberikan perlakuan hanya mencapai 60,88. Pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS versi 20 dilakukan dengan uji One-Way Anova . Diperoleh nilai sig.(2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan model Inkuiri terbimbing (Quided Inquiry) terdapat perbedaan yang signifikan antara data pretest dan posttest kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antar variabel. Ini menunjukkan terdapat pengaruh pada masing-masing variabel. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA antara sebelum digunakannya model Inkuiri terbimbing (Quided Inquiry) dan sesudah digunakannya model Inkuiri terbimbing (Quided Inquiry) pada pembelajaran.

Kata Kunci : Model Inkuiri Terbimbing (Quided Inquiry), Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901140112
Dosen Pembimbing
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Marsi D.S. Bani - 198203142008121001 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Man P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA