Pengaruh Penerapan Model Pbl Dengan Bantuan Media Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Smpn I Larantuka Kabupaten Flores Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penerapan Model Pbl Dengan Bantuan Media Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Smpn I Larantuka Kabupaten Flores Timur

XML

Maria Agnesiana Esi Uran, (2023), Program Studi PPKn FKIP Undana, Skripsi Judul “Pengaruh Penerapan Model PBL Dengan Bantuan Media Video
Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMPN I Larantuka Kabupaten Flores Timur” (Dr. Petrus Ly, M.Si sebagai dosen pembimbing I dan Daud Yefkanius Nassa, S.Pd.,M.Pd selaku dosen pembimbing II). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penerepan model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media video interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMPN I Larantuka Kabupaten Flores Timur?
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media Video Interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMPN I Larantuka Kabupaten Flores Timur.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian true eksperimental. Data hasil belajar siswa yang diperoleh peneliti dalam penelitian tentang penerapan model Problem Based Learning dengan bantuan media video interaktif yaitu data yang dikumpulkan melalui data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh di lapangan disajikan dalam bentuk angka dan kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Penelitian ini menggunakan teknik tes, kuesioner dan observasi. Responden penelitian ini adalah siswa kelas IX-A dan kelas IX-D SMPN I Larantuka. Kelas IX-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-D sebagai kelas
kontrol.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode belajar Problem Based Learning (PBL) pada kelas eksperimen berhasil dan memberi pengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Pada uji variabel x dan variable y dalam uji regresi linear sederhana diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,003 jika dilihat pada dasar pengambilan keputusan nilai tersebut menunjukkan adanya pengaruh variabel x terhadap variabel y dan hasil rata-rata persentase keseluruhan yaitu 84,4% pada hasil tersebut jika dilihat pada kategori yang ada merupakan persentase dalam kategori sangat setuju, sehingga dapat disimpulkan bahwa pada kuesioner penelitian secara rata-rata siswa sangat setuju dengan penerapan metode Problem Based Learing.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Agnesiana Esi Uran - Personal Name
Student ID
1901070076
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Ketua Penguji
Dr. Petrus Ly, M.Si - 19591211 198601 1 002 - Penguji 1
Daud Y. Nassa - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 ran P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA