TINJAUAN KRIMINOLOGI TERJADINYA PENCABULAN YANG DILAKUKAN OLEH SEORANG PEMUDA TERHADAP ANAK (Studi Kasus di wilayah Kepolisian sektor Kelapa Lima, Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

TINJAUAN KRIMINOLOGI TERJADINYA PENCABULAN YANG DILAKUKAN OLEH SEORANG PEMUDA TERHADAP ANAK (Studi Kasus di wilayah Kepolisian sektor Kelapa Lima, Kota Kupang)

XML

Pencabulan merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh keinginan seksual untuk melakukan hal-hal yang dapat membangkitkan hawa nafsu, sehingga menimbulkan kepuasan pada dirinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Apakah yang menjadi faktor penyebab terjadinya pencabulan yang dilakukan oleh seorang pemuda terhadap anak? (2) Bagaimanakah upaya penanggulangan terjadinya pencabulan yang dilakukan oleh seorang pemuda terhadap anak?. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode empiris di mana penulis mendapatkan data langsung dari Kepolisian Sektor Kelapa Lima. Data penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan studi pustaka berupa buku-buku, peraturan perundangundangan dan bahan lainnya yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.Analisis data menggunakan analisis data kualitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Faktor penyebab terjadinya pencabulan yang dilakukan oleh seorang pemuda terhadap anak antara lain: faktor pemenuhan biologis dalam diri pelaku, faktor kurangnya pemahaman agama dan kemajuan ilmu pengetahuan ilmu teknologi, faktor hubungan pacaran, faktor kurangnya pengawasan orang tua, serta faktor pendidikan. (2) Upaya penanggulangan terjadinya pencabulan yang dilakukan oleh seorang pemuda terhadap anak dengan upaya pre-emtif, upaya preventif, dan upaya represif. Dari penelitian yang sudah dilakukan maka penulis memberi saran terkait dengan masalah tersebut ialah Berdasarkan faktor yang sudah dijelaskan bahwa faktor internal yang sangat berpengaruh dalam kasus pencabulan seperti pemenuhan biologis dalam diri pelaku dan faktor kurangnya pemahaman agama serta penyalahgunaan kemajuan ilmu pengetahuan dan ilmu teknologi yang sangat berpengaruh. Penulis juga menyarankan agar pelaku pencabulan harus ditindak secara tegas sebab perbuatan tersebut sudah menghancurkan generasi dan sangat tercela di mata masyarakat. Selain itu, penggunaan ilmu teknologi juga harus dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Agar suatu tindak pidana pencabulan tersebut tidak terulang lagi maka dari itu harus ada upaya yang membuat seseorang tidak lagi melakukan tindak pidana pencabulan tersebut seperti melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah, meningkatkan dan melakukan penjagaan, penertiban di tempat-tempat yang sangat rawan terjadinya kejahatan tindak pidana, memberikan pengetahuan serta pandangan kepada anak tentang dampak yang akan didapatkan dari perbuatan seks bagi usia remaja. Kepada orang tua hrus lebih memperhatikan anak, memberi nasihat dan pemahaman anak tentang bahaya yang ada di lingkungan di mana saja anak berada serta mengawasi aktivitas dan mengenal teman bergaul anak guna mencegah terjadinya tindak pidana pencabulan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Imelda Atok - Personal Name
Student ID
1902010671
Dosen Pembimbing
HERYANTO AMALO - 196511301992031002 - Dosen Pembimbing 1
DARIUS A KIAN - 197908272006041003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. ORPA GANEFO MANUAIN, S.H.,M.H - 19631020 198901 2 001 - Ketua Penguji
Heryanto Amalo - 196511301992031002 - Penguji 1
Darius A Kian - 197908272006041003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
ILMU HUKUM
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 Ato T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA