Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI GLOBALISASI SISWA KELAS IV SDK BATETI KEC.MALAKA BARAT KAB.MALAKA
XMLRumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran group investigation berbantuan media crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDK Bateti dalam pembelajaran Globalisasi? Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk meningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Globalisasi melalui penerapan model group investigation berbantuan media crossword puzzle pada siswa kelas IV SDK Bateti. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan,pelaksanaan,observasi,dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni observasi,tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni deskriptif kualitatif dengan subjek berjumlah 22 orang dengan rincian 12 orang siswa perempuan dan 10 orang siswa laki-laki.
Penelitian ini diadakan di SDK BATETI Kabupaten Malaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus l sebanyak 22 subjek yang diteliti maka yang tuntas pada siklus l yakni 10 orang (40%) dikarenakan selalu memusatkan perhatian pada saat pembelajaran berlangsung, selalu aktif dalam kelas, percaya diri ketika menjawab pertanyaan yang diajukan, tidak membuat keributan pada saat pembelajaran sedang berlangsung dan dapat mengerjakan soal dengan benar atau tepat. Sedangkan 12 siswa lainnya dari 22 subjek (60%) belum mencapai standar ketuntasan di karenakan siswa kurang memusatkan perhatian, kurang aktif, kurang percaya diri, pasif saat guru memberi pertanyaan, dan lama dalam memahami pelajaran serta hasil tesnya rendah. Selanjutnya siklus ll hasil belajar siswa meningkat yakni 22 subjek yang diteliti sudah mencapai standar ketuntasan dengan presentase 90% dikarenakan siswa sudah memahami pembelajaran secara baik, memusatkan perhatian saat pembelajaran, aktif dalam pembelajaran,bekerja sama dalam kelompok, percaya diri dan tidak ragu dalam menjawab pertanyaan yang diberikan.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Globalisasi Siswa Kelas lV SDK Bateti. Hal ini dibuktikan bahwa siklus ll mengalami peningkatan dan selanjutnya semua data menunjukan seluruh siswa dapat mencapai nilai minimal ketuntasan, dengan demikian maka model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Model Group Investigation,Crossword Puzzle,Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Yovita Mariana Luruk - Personal Name
|
Student ID |
1601140026
|
Dosen Pembimbing |
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Fembriani, S.Pd, M.Pd - 199202132018032001 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1 Dr. Silvester P. Taneo, S.Pd, M.Si- NIP. 19601126 198803 1 005 - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Lur P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |