PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI GLOBALISASI SISWA KELAS IV SDK BATETI KEC.MALAKA BARAT KAB.MALAKA

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI GLOBALISASI SISWA KELAS IV SDK BATETI KEC.MALAKA BARAT KAB.MALAKA

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran group investigation berbantuan media crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDK Bateti dalam pembelajaran Globalisasi? Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk meningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Globalisasi melalui penerapan model group investigation berbantuan media crossword puzzle pada siswa kelas IV SDK Bateti. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan,pelaksanaan,observasi,dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni observasi,tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni deskriptif kualitatif dengan subjek berjumlah 22 orang dengan rincian 12 orang siswa perempuan dan 10 orang siswa laki-laki.
Penelitian ini diadakan di SDK BATETI Kabupaten Malaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus l sebanyak 22 subjek yang diteliti maka yang tuntas pada siklus l yakni 10 orang (40%) dikarenakan selalu memusatkan perhatian pada saat pembelajaran berlangsung, selalu aktif dalam kelas, percaya diri ketika menjawab pertanyaan yang diajukan, tidak membuat keributan pada saat pembelajaran sedang berlangsung dan dapat mengerjakan soal dengan benar atau tepat. Sedangkan 12 siswa lainnya dari 22 subjek (60%) belum mencapai standar ketuntasan di karenakan siswa kurang memusatkan perhatian, kurang aktif, kurang percaya diri, pasif saat guru memberi pertanyaan, dan lama dalam memahami pelajaran serta hasil tesnya rendah. Selanjutnya siklus ll hasil belajar siswa meningkat yakni 22 subjek yang diteliti sudah mencapai standar ketuntasan dengan presentase 90% dikarenakan siswa sudah memahami pembelajaran secara baik, memusatkan perhatian saat pembelajaran, aktif dalam pembelajaran,bekerja sama dalam kelompok, percaya diri dan tidak ragu dalam menjawab pertanyaan yang diberikan.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Globalisasi Siswa Kelas lV SDK Bateti. Hal ini dibuktikan bahwa siklus ll mengalami peningkatan dan selanjutnya semua data menunjukan seluruh siswa dapat mencapai nilai minimal ketuntasan, dengan demikian maka model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Model Group Investigation,Crossword Puzzle,Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yovita Mariana Luruk - Personal Name
Student ID
1601140026
Dosen Pembimbing
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fembriani, S.Pd, M.Pd - 199202132018032001 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1
Dr. Silvester P. Taneo, S.Pd, M.Si- NIP. 19601126 198803 1 005 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Lur P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA