Peran Pemerintah Desa dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Studi Kasus di Desa Nanga Meje, Kecamatan Elar Selatan, Kabupaten Manggarai Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Pemerintah Desa dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Studi Kasus di Desa Nanga Meje, Kecamatan Elar Selatan, Kabupaten Manggarai Timur)

XML

Penelitian ini dilakukan di Desa Nanga Meje, Kecamatan Elar Selatan Kabupaten Manggarai timur dengan tujuan adalah untuk mengetahui Peran Pemerintah Desa dalam Musyawarah Perencanaan pembangunan Desa di desa nanga Meje, Kecamatan Elar Selatan, kabupaten Manggarai Timur.
Fokus yang di teliti adalah peran Pemerintah sebagai Fasilitator, Peran Pemerintah, sebagai mediator dan Peran Pemerintah sebagai komunikator.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan pemerintah dalam memfasilitasi kegiatan musrembang artinya bahwa pemerintah desa nanga meje, kecamatan elar Selatan, Kabupaten, manggarai Timur mempunyai tugas dan fungsi untuk memfasilitasi kegiatan musrembang sudah semaksimal mungkin dilaksanakan oleh pemerintah desa. Hal tersebut dapat dilihat dari pelaksanaan Musrembang sudah sesuai dengan prosedur undang-undang. Peran pemerintah desa sbagai Komunikator artinya pemerintah desa perlu adanya komunikasi yang baik dengan masyarakat untuk terlibat aktif dalam kegiatan Musrembangdes masih minim, hal ini dibuktikan dari pengeluhan masyarakat terkait dengan undangan dan pengakuan pemerintah tentang kegiatn rutinitas pemerintah desa. Sedangkan peran pemerintah desa sebagai mediator Artinya pemerintah bertugas untuk memedias semua kepentingan masyarakat masih sangat minim, hal ini dapat dilihat dari persoalan usulan musrembang yang tak terakomodir oleh pemerintah desa dengan pertimbangan prioritas program yang lebih diutamakan.
Agar peranan pemerintah desa dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa di Desa Nanga Meje, Kecamatan Elar Selatan, Kabupaten Manggarai Timur dapat lebih baik lagi, diharapkan agar kepala desa mau bekerjasama dengan masyarakat dan memberikan arahan langsung kepada masyarakat agar masyarakat punya kemauan tinggi untuk ikut aktif berpartisipasi, perlu adanya koordinasi dari pihak aparat desa dengan masyarakat desa tentang masalah-masalah ataupun kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat telebih khusus dalam kegiatan musrembangdes.

Kata Kunci: Peran, Pemerintah Desa, Musrembangdes


Detail Information

Item Type
Penulis
Mariano Unde - Personal Name
Student ID
1623010038
Dosen Pembimbing
MARIA MAGDALENA LINO - 196312071990032001 - Dosen Pembimbing 1
M. ARIFE PANARA - 1956051519877031015 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maria Magdalena Lino - 196312071990032001 - Ketua Penguji
M. ARIFE PANARA - 1956051519877031015 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Und p
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA