KOMUNIKASI PERSUASIF PUSAT KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PADA ANAK JALANAN DI WILAYAH KOTA KUPANG (Studi Kasus Pada Kelas Paket B Yayasan Obor Timor Ministry Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

KOMUNIKASI PERSUASIF PUSAT KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PADA ANAK JALANAN DI WILAYAH KOTA KUPANG (Studi Kasus Pada Kelas Paket B Yayasan Obor Timor Ministry Kupang)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi yang terjadi dan juga kendala apa saja yang dihadapi antara pihak Yaysan Obor Timor Ministry terhadap anak-anak jalanan di wilayah Kota Kupang dalam mengajak untuk bergabung mengikuti program PKBM paket B (Setara SMP). Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan jenis penelitian kualitatif dan metode penelitian menggunakan studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi, serta dikaji menggunakan teori perubahan sikap oleh Carl Hovlad yang menjelaskan bagaimana sikap seseorang terbentuk, dapat berubah, dan dapat mempengaruhi sikap dan perilaku orang lain melalui proses komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Yayasan Obor Timor Ministry selaku persuader melakukan pendekatan kepada anak-anak jalanan atau persuasde dengan menggunakan lima tahapan yaitu tahapan perhatian, pemahaman, pembelajaran, penerimaan dan penyimpanan pesan persuasif. Hasil proses komunikasi diklasifikasi menjadi tiga yaitu aspek kognitif dimana anak-anak jalanan baru menerima pesan persuasif oleh Yayasan Obor Timor Ministry bahwa melanjutkan pendidikan itu sangat penting, aspek afektif dimana anak-anak jalanan mulai tergerak hatinya untuk mengikuti program PKBM paket B yang diadakan oleh Yayasan Obor Timor Ministry dan yang terakhir aspek konatif dimana anak-anak jalanan akhirnya memutuskan untuk ikut serta dalam program PKBM paket B yang ditawarkan oleh Yayasan Obor Timor Ministry.Teknik komunikasi yang digunakan adalah teknik pay-off dan teknik tataan dimana dengan menggunakan tata Bahasa yang baik dan juga memotivasi anak-anak jalanan untuk dapat bergabung kedalam program PKBM paket B. Yayasan Obor Timor Ministry juga menggunakan media sebagai saluran penyampaian pesan persuasif dalam bentuk iklan fisik yaitu brosur dan juga media sosial seperti facebook. Sehingga anak-anak jalanan dapat mengenal dan mengetahui adanya program paket A, B dan C yang diadakan oleh Yayasan Obor Timor Ministry guna untuk mendapatkan ijazah bagi anak-anak yang putus sekolah agar dapat melanjutkan ke pendidikan formal yang lebih tinggi.


Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Yayasan Obor Timor Ministry, Anak Jalanan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
TASYA EMILIANA PANGGO - Personal Name
Student ID
1803050108
Dosen Pembimbing
SILVANIA STELLA EPIPHANIA MANDARU - 198401062014042001 - Dosen Pembimbing 1
Veki Edizon Tuhana - 198902062019031012 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Silvania Stella Epiphania Mandaru - 198401062014042001 - Ketua Penguji
Veki Edizon Tuhana - 198902062019031012 - Penguji 1
Petrus Ana Andung - 197402072008011012 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702 01 NGO K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA