Skripsi
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Wisata Kuliner TPI Ikan Bakar Kelapa Lima
XMLPenelitian ini dilaksanakan pada TPI Ikan Bakar Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang. Masalah Pokok dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Kualitas Pelayanan secara positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung. Penelitian ini menggunakan Kualitas Pelayanan sebagai variabel independen, dan Kepuasan Pengunjung sebagai variabel dependen. Populasi pada penelitian ini adalah jumlah minimum sebanyak 5 pengunjung yang memutuskan membeli dan dikalikan 84 pelapak di TPI Ikan Bakar Kelapa Lima yang menghasilkan 420 pengujung yang memutuskan membeli setiap harinya. Sampel yang diambil sebanyak 81 responden dengan mengunakan teknik accidental sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Analisis ini meliputi: Uji linear sederhana, pengujian hipotesis melalui uji t, analisis statistik deskriptif, serta analisis koefisien determinasi (R2).
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi linear sederhana: Y=0,552+0,800X. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji T di ketahui variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Dimana pada variable kualitas pelayanan memperoleh t_hitung sebesar 4,865 dengan tingkat signifikan 0,000. Sedangkan t_tabel nilainya sebesar 1,668 (df=81-2=79). Karena nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05 (ρ<α) dan t_hitung yang lebih besar dari t_tabel (4,865>1,664).
Angka Adjusted R Square sebesar koefisien determinasi (R2) sebesar 0,688 atau 68,00%, artinya Variabel Kualitas Pelayanan (X) memengaruhi Variabel Kepuasan Pengunjung (Y) sebesar 68,00% dan sisanya 32,00% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pengunjung
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MOEHAMMAD AS’ADHUR RIZAL - Personal Name
|
Student ID |
1610030131
|
Dosen Pembimbing |
Rolland Epafrans Fanggidae - 198408312009121001 - Dosen Pembimbing 1
Marianus S. Neno - 198705242019031012 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Rolland Epafras Fanggidae - 198408312009121001 - Ketua Penguji
Marianus S. Neno - - Penguji 1 Apriana H J Fanggidae - 197004081998022001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
61201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Manajemen
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
612.01 RIZ P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |