Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Klasifikasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Proses Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Algoritma C4.5 Pada Program Studi Ilmu Komputer Universitas Nusa Cendana

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Klasifikasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Proses Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Algoritma C4.5 Pada Program Studi Ilmu Komputer Universitas Nusa Cendana

XML

Pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia mengeluarkan kebijakan tentang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dari rumah menggunakan pembelajaran secara online. Pelaksanaan proses pembelajaran online memiliki beberapa isu atau kendala terkait kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran di masa pandemi. Pada penelitian ini penulis menerapkan Algoritma C4.5 dengan menggunakan aplikasi RapidMiner 9.10 untuk menghasilkan klasifikasi kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran selama pandemi Covid-19. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil kuesioner yang disebarkan pada mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer Universitas Nusa Cendana dengan total data sebanyak 828 record data. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahun angkatan, nama matakuliah dan dosen pengampu, usia dosen pengampu, kesesuaian media pembelajaran yang digunakan oleh dosen dalam pembelajaran online, aktivitas kuliah dalam proses pembelajaran online, durasi mengajar dosen tepat waktu sesuai dengan jadwal, penyampaian materi kuliah secara jelas dan mudah dimengerti mahasiswa, dan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap matakuliah yang diajarkan oleh dosen pengampu dalam pembelajaran online. Kelas target kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran online dengan 2 nilai yaitu Puas dan Tidak Puas. Pengujian menggunakan Algoritma C4.5 menghasilkan rule dari pohon keputusan sebanyak 17 rule dengan 5 rule keputusan Puas dan 12 rule keputusan Tidak Puas. Variabel yang paling mempengaruhi kepuasan mahasiswa adalah tingkat pemahaman mahasiswa sebagai root, durasi mengajar dosen, aktivitas kuliah, kesesuaian media pembelajaran, tahun angkatan, dan usia dosen. Hasil pengujian K-Fold Cross Validation memperoleh nilai akurasi dengan fold-10 sebesar 95,05%.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ulfa Aminah Hamzah - Personal Name
Student ID
1806080085
Dosen Pembimbing
Emerensye S. Y. Pandie - 197902212005012002 - Dosen Pembimbing 1
Clarissa Elfira Amos Pah - 199309162022032013 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nelci D. Rumlaklak, S.Kom, M.Kom - 198112272014042002 - Ketua Penguji
Bertha Selviana Djahi, S.Kom, MT - 198009102006042001 - Penguji 1
Arfan Yeheskiel Mauko, ST, M.Cs - 198005202008121003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
55201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komputer
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
552.01 Ham P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA