INVENTARISASI SERANGGA PREDATOR HAMA YANG MENYERANG TANAMAN PADI (Oryza sativa) DI KELURAHAN MANULAI II, KECAMATAN ALAK, KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

INVENTARISASI SERANGGA PREDATOR HAMA YANG MENYERANG TANAMAN PADI (Oryza sativa) DI KELURAHAN MANULAI II, KECAMATAN ALAK, KOTA KUPANG

XML

Serangga adalah organisme Invertebrata yang tersebar di seluruh dunia. Serangga dapat hidup di situasi interaktif dengan organisme lain. Serangga dapat hidup di daerah persawahan maupun perladangan. Jenis-jenis serangga mulai banyak diteliti karena dapat bermanfaat untuk ekosistem. Inventarisasi serangga predator hama yang menyerang tanaman padi (Oryza sativa L) Di Kelurahan Manulai II, Kecamatan Alak, Kota Kupang telah dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2022.
Padi merupakan tanaman pertanian kuno yang sampai sekarang menjadi tanaman penghasil bahan pangan pokok dikebanyakan negara daerah tropis, terutama di Asia dan Afrika. Hampir setengah dari penduduk dunia terutama dari negara berkembang termasuk Indonesia sebagian besar menjadikan padi sebagai makanan pokok yang dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan pangannya setiap hari.
Serangga predator merupakan serangga yang memangsa serangga lain yang mengganggu tanaman. Predator merupakan musuh alami yang sangat penting karena keanekaragamannya yang tinggi dan keefektifannya sebagai agens pengendali hayati. Peningkatan keanekaragaman ekosistem pertanian dapat meningkatkan keanekaragaman serangga musuh alami, sehingga kerusakan tanaman oleh hama berkurang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja jenis-jenis serangga predator hama yang menyerang tanaman padi di Kelurahan Manulai II. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif kualitatif dilakukan pada kondisi alamiah dengan cara observasi, data yang terkumpulkan terdiri dari data yang didapat saat wawancara dan survey lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Kelurahan Manulai II, Kecamatan Alak, Kota Kupang, ditemukan 6 jenis serangga predator hama tanaman padi yang tergolong dalam 5 famili yaitu: Tettigoniidae viridissima, Mantis religiosa, Vespa affinis, Ischnura elegans, Araneus, Argiope aurantia.
Kata Kunci: Inventarisasi, Tanaman Padi, Serangga Predator.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SIMON NINEF - Personal Name
Student ID
1701040150
Dosen Pembimbing
PAULUS TAEK - - Dosen Pembimbing 1
ANGELA GABRIELA LIKA - 196402281989032002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
PAULUS TAEK - - Ketua Penguji
Angela Gabriela Lika - - Penguji 1
Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 NIN I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA