Skripsi
PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KECERDASAN SPIRITUAL DAN PERILAKU SOSIAL SISWA DI SD GMIT HAUNOMATEN KABUPATEN TTS
XMLMasalah penelitian ini yakni bagaimana peran guru dalam membentuk kecerdasan spiritual dan perilaku sosial siswa di SD Gmit Haunomaten?. Tujuannya untuk mengetahui peran-peran yang dilakukan guru dalam membentuk kecerdasan spiritual dan perilaku sosial siswa di SD Gmit Haunomaten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dan teknik observasi. Teknik analisis menggunakan proses analisis data model Miles dan Hubernam (reduksi, display dan kesimpulan). Subjek dalam penelitian ini adalah guru di SD Gmit Haunomaten yang berjumlah 7 (tujuh) guru terdiri dari guru kelas I sampai VI dan I guru agama.
Penelitian ini dilaksanakan di SD GMIT Haunomaten yang beralamat di Kabupaten TTS, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, peran guru sebagai pendidik dalam membentuk kecerdasan spiritual dan perilaku sosial siswa dengan mendisiplinkan siswabaik dilingkungan sekolah maupun di dalam kelas saat pembelajaran. Terlihat saat siswa hadir disekolah tepat waktu, menjaga kebersihan lingkungan sekolah, tertib melaksanakan upacara, tertib memakai seragam sekolah dan tertib melaksanakan ibadah, begitupun juga kedisiplinan siswa juga sudah terbentuk saat berada di dalam kelas seperti menyiapkan buku pelajaran sebelum pelajaran dimulai, memperhatikan guru saat menerangkan pembelajaran, mengerjakan dan mengumpulkan PR tepat waktu, menjaga kebersihan kelas, tertib dalam melakukan piket kelas dan tertib membuang sampah pada tempatnya. Terbentuknya kedisiplinan tersebut tentu adanya peran guru di sekolah yang selalu memberi nasehat dan memberi contoh kepada siswa untuk melakukan kegiatan disiplin serta menanamkan nilai-nilai spiritual dan sosial siswa. Kedua sebagai pembimbing guru terus mengarahkan siswa untuk menerapkan nilai-nilai yang telah dididik guru dengan ketegasan namun penuh kesabaran, selain itu guru perlu kreatif dalam membuat aturan atau kegiatan khusus yang dirasa dapat membantu pembentukan kecerdasan spiritual dan perilaku sosial siswa contohnyaseperti saat memulai aktifitas dan sesudah melakukan aktifitas harus berdoa, melaksanakan ibadah bersama pada hari senin dan sabtu serta membantu teman mereka jika mendapat musibah. Ketiga, sebagai model dan teladan guru harus bisa menjaga perilakunya agar tidak menyimpang dari nilai-nilai yang telah diajarkan contohnya guru harus memberikan contoh dan teladan yang baik kepada siswa dengan cara guru harus menjaga tutur katanya saat berinteraksi dengan siswa serta menggunakan pakian yang rapi dan sopan. Dari ketiga peran tersebut para guru telah menjalankan perannya dengan baik, meskipun masih ada beberapa kekurangan terutama dalam menjalankan peran sebagai model dan teladan. Sesuai dengan hasil penelitian dapat disimpulkanbahwa untuk dapat mendidik siswa menjadi manusia yang berkarakter baik,yang memiliki tingkat kecerdasan spiritual dan perilaku sosial yang baik, maka guru harus bisa menjalankan perannya dengan semaksimal mungkin, baik sebagai pendidik, pembimbing, serta model dan teladan.
Kata Kunci : Peran Guru, Kecerdasan Spiritual, Perilaku Sosial.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Emajoisa M. Ato - Personal Name
|
Student ID |
1601140240
|
Dosen Pembimbing |
Silvester P. Taneo - 19601126 198803 1 005 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1 Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Ato P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |