PENANGANAN PERMASALAHAN PERBATASAN NEGARA INDONESIA DAN DISTRICT OECUSSE- TIMOR LESTE (Studi Kasus di Naktuka Desa Bene Ufe Nitibe Regiao Oecusse)

Detail Cantuman

Jurnal

PENANGANAN PERMASALAHAN PERBATASAN NEGARA INDONESIA DAN DISTRICT OECUSSE- TIMOR LESTE (Studi Kasus di Naktuka Desa Bene Ufe Nitibe Regiao Oecusse)

XML

Timor Leste Sebagai negara yang perbatasan langsung dengan Indonesia, maka salah satu persoalan yang sering terjadi yang belum jelasnya penetapan wialayah perbatasan. Selain sebagai salah satu negara yang berbatasan langsung dengan negara Indonesia, baik Indonesia maupun Timor Leste mempuyai keunikan tersendiri yaitu masih memiliki hubungan kekerabatan kekeluargaan yang sangat dekat diantara kedua masyarakat di daerah perbatasan. Adapun permasalahan dari penulisan ini yaitu bagaimana peran dari kedua Negara dalam menyelesaikan persoalan hukum yang ada agar tidak berkepanjangan? Dan strategi apa saja yang digunakan oleh kedua Negara untuk menyelesaikan masalah tersebut?. Adapun jenis dari penelitian merupakan penelitian empiris dengan menggunakan pedekatan empiris dalam bentuk wawancara serta observasi. Hasil penelitian menemukan bahwa selama ini beluam ada persamaan persepsi dalam penentuan batas wilayah darat walapun keduan negara sudah melakukan negosiasi tentang penetapan batas wilayah. Oleh sebab itu disarankan dalam menetapkan batas wilayah sebaiknya dilibatkan para tokoh-tokoh adat sebagai kedua negara sebagai saksi sejarah.


Detail Information

Item Type
Jurnal
Penulis
Saryono Yohanes - Personal Name
Dhey Wego Tadeus - Personal Name
Student ID
19620712 198902 1 001
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
ILMU HUKUM
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
74201 YOH P
Copyright
Universitas Nusa Cendana
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA