Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan di Kelas V B SDI Oepoi

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan di Kelas V B SDI Oepoi

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran matematika materi pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.
Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V B di SDI Oepoi, Kota Kupang. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas terbagi dalam dua siklus yaitu: siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi terhadap guru dan siswa, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelirian ini adalah kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas VB SDI Oepoi telah dilakukan dengan penerapan 5 langkah sebagai berikut: pembentukan kelompok asal, pembentukan kelompok ahli, diskusi kelompok ahli, diskusi kelompok asal, dan presentasi. (2) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari nilai kondisi awal rata-rata 62,65, meningkat menjadi 66,04 pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 91,25.

Kata Kunci: Hasil belajar, Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1701140173
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
pendidikan guru sekolah dasar
Kontributor
Bernadeta Jewahut - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA