Skripsi
KUALITAS PELAYANAN PADA PERUSAHAAN AIR MINUM DAERAH TIRTA KOMODO UNIT WATU ALO DI KECAMATAN WAE RI’I KABUPATEN MANGGARAI
XMLPenelitian ini berjudul “Kualitas Pelayanan Pada Perusahaan Air Minum DaerahTirta Komodo Unit Watu Alo Di Kecamatan Wae Ri‟i Kabupaten Manggarai”.Pembimbing, yakni : Dra.Jakoba Daud Niga,M.Si. dan Drs.Rikhardus SeranKlau,M.Si. Unit Watu Alo merupakan salah satu cabang perusahaan air minumPERUMDA Tirta Komodo Kabupaten Manggarai yang bertugas memberikanpelayanan air bersih kepada pelanggan yang ada pada empat desa di wilayahKecamatan Wae Ri‟i, yakni: Desa Ndehes, Desa Benteng Poco, Desa SatarNgkeling dan Desa Compang Ndehes. Kebutuhan akan air bersih adalah salahsatu kebutuhan pokok bagi manusia, oleh karena itu PERUMDA Tirta KomodoUnit Watu Alo di tuntut untuk memberikan kualitas pelayanan air bersih yangmemadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisiskualitas pelayanan pada Perusahaan Air Minum Daerah Tirta Komodo Unit WatuAlo di Kecamatan Wae Ri‟i, Kabupaten Manggarai. Teori yang digunakan adalahanalisis kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Parassuraman. Teknikpengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Dari hasil penelitian menujukan bahwa pada aspek bukti fisik yang dibahas dalamtiga sub indikator antara lain: mengenai ketersediaan gedung dinilai belummemadai, kelengkapan fasilitas peralatan dan mesin pengolahan air bersih jugabelum optimal dan ketersediaan sumberdaya manusia juga dinilai belummemadai. Aspek kehandalan, yang dibagi menjadi beberapa sub indikator,antaralain: Penyaluran air selama 24 jam dalam sehari dinilai belum optimal dan masihbanyak pelanggan yang mengeluh karena kesulitan mendapatkan air bersih.Sedangkan kualitas air memenuhi standar air bersih dinilai cukup baik. Aspekketanggapan, yakni daya tanggap staf terhadap keluhan dan masalah pelanggandinilai belum optimal. Aspek Jaminan, yang terbagi dalam beberapa sub indikator,antara lain : kemampuan dan pengetahuan staf terhadap masalah pelanggan dinilaisudah optimal. Penjelasan yang jujur dan terpercaya juga dinilai sudah baik. Yangterakhir adalah aspek perhatian, yang terbagi dalam beberapa sub indikator,anatara lain : Perhatian staf terhadap pelanggan dinilai sudah baik dan kesopananstaf juga dinilai baik.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, PERUMDA Tirta Komodo
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
METODIUS A.E.P. TUKAN - Personal Name
|
Student ID |
1903060010
|
Dosen Pembimbing |
JACOBA DAUD NIGA - 196004061987022001 - Dosen Pembimbing 1
HENDRIK TODA - 198312042009121005 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Jakoba Daud Niga - 196004061987022001 - Ketua Penguji
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Penguji 1 William Djani - 196410141989011001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
ILMU ADMINISTRASI NEGARA
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.01 TUK K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |