Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Di Laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah dr Ben Mboy Ruteng Tahun 2022

Detail Cantuman

Skripsi

Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Di Laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah dr Ben Mboy Ruteng Tahun 2022

XML

Kepuasan pasien adalah hasil penilaian dari pasien terhadap pelayanan kesehatan dengan membandingkan apa yang diharapkan sesuai dengan kenyataaan pelayanan kesehatan yang diterima di suatu tatanan kesehatan rumah sakit. Data jumlah kunjungan pasien laboratorium RSUD dr Ben Mboy Ruteng tahun 2021 cenderung fluktuaktif, terkadang mengalami penurunan meskipun tidak terlalu signifikan. Pihak rumah sakit idealnya dapat menargetkan peningkatan jumlah kunjungan 10-20% pasien tiap bulannya. Jumlah kunjungan pasien yang tidak stabil mengindikasikan adanya perubahan presepsi pasien dalam memilih pelayanan kesehatan. Hal ini menunjukan bahwa masih banyak pasien yang yang kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan, sehingga berdampak pada menurunnya jumlah kunjungan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan rawat jalan terhadap pelayanan di Laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah dr Ben Mboy Ruteng tahun 2022 ditinjau dari dimensi realibility, assurance, tangible, empaty, dan responsiveness. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan disain deskriptif. Jumlah sampel 100 orang pasien rawat jalan di Laboratorium RSUD dr Ben Mboy Ruteng. Penelitian dilaksanakan pada Agustus-September 2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan di Laboratorium RSUD dr Ben Mboy Ruteng berdasarkan dimensi tangibles berada pada kategori puas 77%, tingkat kepuasan pasien berdasarkan dimensi reliability pada kategori puas 79%, tingkat kepuasan pasien berdasarkan dimensi responsiveness pada kategori puas 80%, tingkat kepuasan pasien berdasarkan dimensi assurance berada pada kategori sangat puas 82%, dan tingkat kepuasan pasien berdsasarkan dimensi empaty pada kategori sangat puas 82%. Diharapkan rumah sakit dapat menambah fasilitas pendukung seperti kursi di ruang tunggu pasien dan memperbaiki setiap fasilitas pendukung yang mengalami kerusakan agar konsumen dapat merasa puas dan meningkatkan kecepatan dan ketepatan petugas dalam memberikan tanggapan dalam menyelesaikan masalah sehubungan dengan keluhan pasien sehingga pasien merasa diperhatikan.
Daftar Pustaka : 29 ( 1988 – 2022)
Kata Kunci : Laboratorium, Kepuasan, Pasien, Pelayana


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1807010308
Dosen Pembimbing
TADEUS ANDREAS LADA REGALETHA - 197609132003121003 - Dosen Pembimbing 1
DOMINIRSEP OVIDIUS DODO - 198609122008121002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Tadeus Andreas Lada Regaletha - 197609132003121003 - Ketua Penguji
Dominirsep Ovidius Dodo - 198609122008121002 - Penguji 1
Muntasir - 197008162000121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
13101
Edisi
Published
Departement
Kesehatan Masyarakat
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
132.01 GAN T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA