Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN MODIFIKASI KARDUS DAN KARET BAN PADA SISWA SD NEGERI NUNBAUN SABU
XMLPermasalahan dalam penelitian ini adalah banyaknya siswa yang cenderung mengikuti pembelajaran penjasorkes dan kurangnya kreatifitas guru dalam melakukan pembelajaran yang membuat siswa cenderung bosan, Metode pembelajaran yang di gunakan kurang memadai dan Penjelasan yang diberikan oleh guru memuat secara keseluruhan rangkaian gerakan sehingga sebagian besar siswa tidak memahami dengan baik. Pada proses pembelajaran guru selalu menggunakan metode drill. Hal ini mengakibatkan penguasaan siswa terhadap materi kurang sempurna dan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan kurang berhasil dengan baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui kegiatan modifikasi kardus dan karet ban. Penelitian ini mengunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus.Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi.Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui metode pembelajaran yang dimodifikasi berdampak positif, hal ini terlihat pada hasil ketuntasan belajar siswa yang melebihi KKM yang telah ditetapkan yaitu 75,maka hal inimengalami peningkatan yaitu pada siklus 1 ke siklus 2 sebesar 20% yaitu dari 65% (siklus 1) menjadi 85% (siklus 2).Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa upaya dalam meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dengan modifikasi lompat kardus dan karet ban pada SD Negeri Nunbaun Sabu termasuk kategori baik.
Kata kunci: Kompetensi guru; hasil belajar; pendidikan jasmani
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ARNI OCTOVINA RADJA - Personal Name
|
Student ID |
1801150013
|
Dosen Pembimbing |
Ronald D.A. Fufu - 199210132019031012 - Dosen Pembimbing 1
Al Ihzan Tajuddin - 199004022019031012 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Lukas M. Boleng - 199507301984031002 - Ketua Penguji
Ronald D. A Fufu - 199210132019031012 - Penguji 1 Al Ihzan Tajuddin - 199004022019031012 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
85201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
852.01 Rad U
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |