Penerapan Metode Multidimensional Scaling dalam Positioning terhadap Merek Smartphone Berdasarkan Persepsi konsumen (Studi Kasus : Konsumen Mahasiswa Matematika Universitas Nusa Cendana Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Metode Multidimensional Scaling dalam Positioning terhadap Merek Smartphone Berdasarkan Persepsi konsumen (Studi Kasus : Konsumen Mahasiswa Matematika Universitas Nusa Cendana Kupang)

XML

Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak merek smartphone hadir di pasar yang membuat konsumen sulit untuk memutuskan merek smartphone mana yang bagus di antara yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi produk merek smartphone dan pesaing merek smartphone berdasarkan persepsi konsumen mahasiswa Matematika universitas Nusa Cendana Kupang menggunakan metode Multidimensional Scaling. Data penelitian ini bersumber dari data primer yang diperoleh dengan menggunakan google form dari 165 responden Mahasiswa Matematika Universitas Nusa Cendana Kupang. Kriteria pembanding dalam melakukan pemilihan diantaranya adalah kriteria harga, desain, fitur, kamera, memori, daya baterai sedangkan merek smartphone berupa smartphone Oppo, Vivo, Samsung, Xiaomi, Asus, Nokia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa smartphone Oppo dan Samsung saling bersaing karena memiliki kemiripan padakriteria harga, citra merek, desain, fitur, kamera dan menempati posisi teratas dengan keungulan untuk smartphone Oppo pada kriteria harga, citra merek, desain, kamera dan untuk smartphone Samsung pada kriteria citra merek, desain, fitur, dan kamera. Sedangkan smartphoneVivo dan Xiaomi saling bersaing karena memiliki kemiripan pada kriteria harga, fitur, memori, daya baterai dan menempati posisi ketiga dan keempat dengan keungulan untuk smartphone Vivo pada kriteria harga, memori dan untuk smartphone Xiaomi pada kriteria fitur, memori, daya baterai. Smartphone Asus dan Nokia kurang diminati karena berada di posisi terendah dan tidak saling bersaing dengan smartphone lainnya.
Kata Kunci : Multidimensional Scaling (MDS), Positioning, Kemiripan, Peta Persepsi, pemilihan merek smartphone


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maya Dwiyanti Maro - Personal Name
Student ID
1806040025
Dosen Pembimbing
MARIA AGUSTINA KLEDEN - 196801681993032001 - Dosen Pembimbing 1
ASTRI ATTI - 197905012003122001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maria Agustina Kleden - 196801681993032001 - Ketua Penguji
Astri Atti - 197905012003122001 - Penguji 1
Irvandi G. Pasangka - 199111262019031012 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
44201
Edisi
Published
Departement
Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
442.01 Mar P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA