Skripsi
Penerapan Metode Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII C Di SMP Negeri Raimanuk Kabupaten Belu
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran everyone is a teacher here. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi.
Subyek penelitian ini adalah kelas VIII C dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan post test. Observasi di gunakan untuk menilai aktivitas guru dan siswa sedangkan post test di gunakan untuk mengetahui hasil belajar yang di capai oleh siswa.
Berdasarkan penelitian yang telah di lakukan, dapat di simpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode everyone is a teacher here. Hal tersebut dapat di lihat dari hasil observasi aktivitas siswa yang mengalami peningkatan 49% pada siklus I dan 88% pada siklus II. Sementara dari hasil belajar jumlah siswa yang mengikuti pelajaran sebanyak 19 siswa, pada siklus I yang mencapai KKM sebanyak 11 siswa dengan presentase 58% dan naik menjadi 89% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa dengan penerapan metode everyone is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Mata pelajaran IPS, Metode ETH
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MARIA FATIMA FERNANDA BERE - Personal Name
|
Student ID |
1801080058
|
Dosen Pembimbing |
Markus U.K.Yewang - 196412231994031002 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Fernando Saragih - 196301271990031002 - Ketua Penguji
Jacob Abolla Daka - 197202102006041002 - Penguji 1 MARKUS UMBU K. YEWANG - 196412231994031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Ekonomi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 BER P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |