Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Di Kelas IV SD Kristen Petra Alak Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Di Kelas IV SD Kristen Petra Alak Kota Kupang

XML

Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament di kelas IV SD Kristen Petra Alak Kota Kupang. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Kristen Petra Alak pada pembelajaran Tema 5 Pahlawanku Sub tema 3 Sikap Kepahlawanan Pembelajaran 1. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Kristen Petra Alak Kota Kupang, dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas IV SD Kristen Petra Alak Kota kupang yang berjumlah 14 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam melakukan penelitian antara lain teknik observasi, teknik tes dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament mengalami adanya peningkatan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan pencapaian rata-rata ketuntasan belajar siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang yaitu pada siklus I persentasenya ketuntasannya 35% (7 siswa yang tuntas) dan pada siklus II persentasenya ketuntasannya adalah 85% (17 siswa yang tuntas). Adanya peningkatan hasil belajar siswa ini dilihat dari peningkatan rata-rata skor pengerjaan LKPD, lomba quis tournament kelompok dan pengerjaan tes evaluasi. Model pembelajaran Teams games tournament dijalankan berdasarkan langkah-langkah yang ada. Adapun peningkatan lain yang terjadi yaitu pada keatifan siswa di kelas yang dinilai menggunakan lembar observasi yang telah disediakan peneliti. Siswa terlihat senang dengan model belajar sambil bermain kuis turnamen. Dari hasil penelitian di atas, peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Kata Kunci: Meningkatkan, Pembelajaran, Teams Games Tournament, Siklus, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
OFILDA ISANTRI NEOLAKA - Personal Name
Student ID
1901140167
Dosen Pembimbing
ANDREAS ANDE - 19621010198903 1 004 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 1
Dr. Angelikus N. Koten, M.Pd NIP. 19610916 198702 1 001 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 NEO U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA