PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERPINDAHAN PANAS SECARA KONDUKSI DI KELAS V SDK SANTO YOSEPH 4 NAIKOTEN II KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERPINDAHAN PANAS SECARA KONDUKSI DI KELAS V SDK SANTO YOSEPH 4 NAIKOTEN II KOTA KUPANG

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perpindahan secara konduksi tema 6 subtema 2 pembelajaran 1 di kelas 5 SDK Santo Yoseph 4 Naikoten 2 Kota Kupang? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 pada materi perpindahan panas secara konduksi. Penelitian ini menerapkan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas 5 SDK St. Yoseph 4 Naikoten 2 Kota Kupang. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan soal tes hasil belajar yang jumlahnya 10 butir soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes hasil tindakan siklus I diperoleh nilai rata-rata aktivitas belajar peserta didik adalah 72,45 dan persentase hasil tes belajar peserta didik yang meliputi jumlah peserta didik tuntas adalah 17 peserta didik dengan persentase 50% dan jumlah peserta didik yang tidak tuntas adalah 17 peserta didik dengan persentase 50%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata aktivitas belajar peserta didik adalah 88,7 dan persentase hasil belajar peserta didik yang meliputi jumlah peserta didik tuntas adalah 32 peserta didik dengan persentase 94,1 %. Namun, jumlah peserta didik tidak tuntas adalah 2 peserta didik dengan persentase 5,9%. Berdasarkan hasil tindakan siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 di SDK St. Yoseph 4 Naikoten 2 Kota Kupang.
Kata kunci: Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
BLANDINA AGNES FUNAN - Personal Name
Student ID
1901140286
Dosen Pembimbing
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Netty E.A. Nawa - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa, S.Pd, M.Pd - 9900007798 - - Penguji 1
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M,Pd - 19621004 198811 2 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Fun P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA