Skripsi
KEMAMPUAN MENGONVERSI TEKS CERITA RAKYAT “UMBU DHILU DAN RAMBU KAHI” KEDALAM TEKS DRAMA OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KUPANG TIMUR TAHUN AJARAN 2022/2023
XMLRumusan masalah dalam penelitian ini adalah, “Bagaimanakah kemampuan siswa dalam mengonversi teks cerita rakyat menjadi naskah drama?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kupang Timur dalam mengonversi teks cerita rakyat menjadi naskah drama. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori normatif. Teori yang disajikan berfungsi sebagai motode di dalam mengalisis data. Peneliti menyajikan teori tentang drama dan unsur-unsur drama, cerita rakyat beserta unsur-unsur cerita rakyat dengan teknik dalam mengonversi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif mengungkapkan gejala secara menyeluruh dan sesuai dengan koteks melalui pengumpulan data dari latar alami.Berdasarkan hasil yang di peroleh jumlah nilai dari 5 aspek penilaian yaitu Penokohan 87,5 dan mencapai nilai KKM Sehingga dapat di katakan baik ,sedangkan untuk aspek Alur 67,1, aspek Dialog 63,1, aspek Latar 57,5 aspek Teks Samping 41,2 , Tidak mencapai nilai KKM sehingga dapat di katakan kurang.
Kata Kunci : kemampuan, mengonvesi, teks, cerita rakyat, drama
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Susanto Putra Umbu Kada - Personal Name
|
Student ID |
1801010174
|
Dosen Pembimbing |
MARSELUS ROBOT - 196106011990031001 - Dosen Pembimbing 1
Hayon G. Nico - 195808061986011001 - Dosen Pembimbing 3 |
Penguji |
Marselus Robot - 196106011990031001 - Ketua Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 1 Hayon G. Niko - 195808061986011001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
88201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
882.01 Kad K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |