Skripsi
Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di SD Inpres Naikoten 1 Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa, dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan datanya berupa angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis kuantitatif dengan jumlah sampel yang digunakan atau diteliti 23 orang.
Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Naikoten 1 Kupang dengan hasil penelitian pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar ditunjukan oleh R yaitu sebesar 0,628 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,395, nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05.
Kesimpulan bahwa variabel pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar ( X ) berpengaruh terhadap variabel motivasi belajar ( Y ). Hal ini menunjukan bahwa 39,5 % pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar, sedangkan 60,5% di pengaruhi oleh faktor lain.
Kata kunci : Pemanfaatan, Lingkungan sekolah, Motivasi Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Petrus Reonaldo Palu Langkamau - Personal Name
|
Student ID |
1601140184
|
Dosen Pembimbing |
Benediktus Kasa - 195706141984031001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Ketua Penguji
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Penguji 1 Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Mau P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |