“PULANG KAMPUNG’’ (Studi Tentang Kegagalan Merantau Di Kalimantan Dalam Lingkungan Sosial Masyarakat) Di Desa Kole Kecamatan Satarmese Utara, Kabupaten Manggarai.

Detail Cantuman

Skripsi

“PULANG KAMPUNG’’ (Studi Tentang Kegagalan Merantau Di Kalimantan Dalam Lingkungan Sosial Masyarakat) Di Desa Kole Kecamatan Satarmese Utara, Kabupaten Manggarai.

XML

Judul: “Pulang Kampung’’ (Studi Tentang Kegagalan Merantau Di KalimantanDalam Lingkungan Sosial Masyarakat) Di Desa Kole Kecamatan Satarmese Utara,Kabupaten Manggarai. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah kegagalanmasyarakat Desa Kole yang merantau di Kalimantan. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor kegagalan masyarakat Desa Koleyang merantau di Kalimantan. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah masyarakatyang pulang merantau dari Kalimantan dan menetap di kampung. Teknik penarikansample dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teori yang di guanakan dalampenelitian ini adalah teori tindakan sosial yang di populerkan oleh Max Weber.Informan dalam penelitian ini adalah 7 (tujuh) orang masyarakat yang pulangmerantau dari Kalimantan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancaramendalam dengan informan mengenai mengapa masyarakat Desa Kole yangmerantau di Kalimantan selalu mengalami kegagalan. Teknik analisis data dalampenelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwakegagalan masyarakat Desa Kole yang merantau di Kalimantan disebabkan olehbeberapa factor yaitu; 1) Pendidikan yang Rendah, hal ini terlihat ketika paraperantau melamar pekerjaan di berbgai perusahan yang ada di Kalimantan, merekatidak diterima karena tidak sesuai dengan kriteria perusahan. 2) Merantau KarenaTerpaksa hal ini terjadi pada pemuda Desa Kole yang bosan menetap di kampungnyalalu bingung mau kerja apa dan pada ahirnya memilih merantau. 3) Tidak MampuBeradaptasi, ketidakmampuan beradaptasi pada masyarakat Desa Kole yangmerantau ke Kalimantan menimbulkan kesalapahaman dan pertentangan denganlingkungan baru yang dia masuki sehingga perantau endrung gagal dan tidakmenghasilkan apa-apa selama di perantantauan. 4) Tidak Bisa Kerja Keras, hal initerjadi pada masyarakat Desa Kole yang merantau di berbagai daerah khususnyaKalimantan, dimana para perantau gampang putusasa, gampang mnyerah atau mudaberubah haluan karena menghadapi berbagai hambatan. Dari hasil penelitian tersebutpeneliti menyarankan bagi masyarakat Desa Kole dari pada merantau jauh-jauh, lebihbaik kita membangun kampung halaman agar lebih maju dan moderen, ada baiknyameninggalkan gengsi jago kandang dan peresepsi kehidupan diperantauan itu lebihbaik, atau persepsi-persepsi lainnya. Karena belum tentu hidup ditanah perantauan itujauh lebih baik, dari pada di kampung halaman sendiri. Maka tidak ada salahnya bilakita mempertimbangkannya, lebih baik kita menghidupkan kampung halaman sendiri,berkarya, berkreasi, mengabdi dan memajukan kampung halaman.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
TOMAS SUHARTA - Personal Name
Student ID
1603030124
Dosen Pembimbing
ARIS LAMBE - 196205021990031001 - Dosen Pembimbing 1
LASARUS JEHAMAT - 197805242006041006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Aris Lambe - 196205021990031001 - Ketua Penguji
Lasarus Jehamat - 197805242006041006 - Penguji 1
Syamsuryadi - 195712111989011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
SOSIOLOGI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 SUH P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA