Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita Kelas V SD Inpres Bestobe Kabupaten Timor Tengah Selatan (Penelitian Tindakan Kelas)

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita Kelas V SD Inpres Bestobe Kabupaten Timor Tengah Selatan (Penelitian Tindakan Kelas)

XML

Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Inpres Bestobe dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa siklus I dari 22 orang yang tuntas 17 orang (77,27%), tuntas karena siswa memperhatikan penjelasan materi pembelajaran, dapat mengerjakan LKPD, mendengarkan materi dan mengikuti praktek, menanggapi pertanyaan guru dan menyampaikan pertanyaan setelah mendengarkan materi pembelajaan dengan baik dan media membantu memudahkan pemahaman siswa tentang materi, yang tidak tuntas 5 orang (22,72%), tidak tuntas karena siswa kurang memperhatikan penjelasan materi pembelajaran, belum mengerjakan LKPD dengan benar, kurang mendengarkan materi dan tidak mengikuti praktek dengan baik, belum menenggapi pertanyaan dari guru, guru kurang mampu menguasai kelas, dan belum mengerjakan soal evaluasi dengan baik dan selanjutnya guru belum membimbing siswa saat mengerjakan LKPD dengan baik. Siklus II yang tuntas 20 orang (90,90%) tuntas karena siswa memperhatikan penjelasan guru mengunakan media pembelajaran, praktek dengan baik, siswa mampu mengerjakan LKPD dengan bener, siswa mampu menjawab pertanyaan dari guru, siswa mampu memberikan pertanyaan ketika mendengarkan pemaparan materi melalui media pembelajaran, dan guru membimbing siswa pada saat mengerjakan LKPD, siswa mampu mengerjakan soal evaluasi dengan baik. Yang tidak tuntas 2 (9,09%) tidak tuntas karena kurang memperhatian materi yang diberikan oleh guru, belum mengerjakan LKPD dengan benar, belum menengapi pertanyaan guru dan menyampaikan pertanyaan setelah pembelajaran, dan juga belum mengerjakan soal evaluasi dengan baik.
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Perpindahan Kalor di Sekitar Kita Kelas V SD Inpres Bestobe Kabupaten Timor tengah Selatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil siklus I 17 orang (77,27%) yang tuntas dan siklus II 20 orang (90,90%) yang tuntas.
Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Perpindahan kalor, Hasil belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ELISABETH TEFU - Personal Name
Student ID
1901140043
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
SOFIA G UN LALA - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
SOFIA G UN LALA - - Penguji 1
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 TEF P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA