Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Materi Panas Dan Perpindahannya Di SD GMIT Oebobo

Detail Cantuman

Skripsi

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Materi Panas Dan Perpindahannya Di SD GMIT Oebobo

XML

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik pengumpulan data yakni observasi, tes tertilis, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mencari rata-rata kelas, presentase ketuntasan belajar siswa pada subjek penelitian berjumlah 25 siswa, dengan rincian 13 siswi perempuan dan 12 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dengan prosedur Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SD GMIT Oebobo dengan hasil penelitian Siklus I dari 25 siswa pengamatan terhadap aktivitas siswa yang memproleh kategori baik yaitu 10 orang dengan presentase 40% dan yang memproleh kategori cukup 15 orang dengan prsentase 60% meningkat pada siklus II menjadi 25 orang siswa dengan kategori sangat baik dan hasil presentase menjadi 100%. Hasil belajar siswa siklus 1 dengan kategori sangat baik hanya 10 orang dengan presentase 40% dan meningkat pada siklus II dengan kategori sangat baik dengan 20 orang dengan presentase 80%. Dengan mengunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat mendorong siswa untuk mempunyai kemampuan dalam proses mengatasi masalah pada materi, mempunyai kemampuan untuk menambah pengetahuannya dalam bekerja sama dalam kelompok serta membiasakan siswa untuk mencari tahu sendiri. Sesuai dengan hasil dan pembahasan maka diketahui bahwa dengan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam pembelajaran Tema 6 Subtema 1 pembelajaran 1 sudah mencapai hasil yang signifikan atau sudah tuntas sehingga hasil perbaikan pembelajaran diakhiri pada Siklus II karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD GMIT Oebobo.
Kata kunci: Model; Pembelajaran; Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ELFRIDA PEREIRA - Personal Name
Student ID
1901140366
Dosen Pembimbing
ANDREAS ANDE - 19621010198903 1 004 - Dosen Pembimbing 1
SOFIA G UN LALA - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Sofia G.Un Lala - - Penguji 1
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 PER U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA