Upaya Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Informasi Akuntansi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Kelas XII IPS SMA Sinth Carolus Penfui

Detail Cantuman

Skripsi

Upaya Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Informasi Akuntansi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Kelas XII IPS SMA Sinth Carolus Penfui

XML

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Kelas XII IPS SMA Sint Charolus Penfui. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share untuk meningkatkan hasil belajar Materi Informasi Akuntansi Kelas XII IPS SMA Sint Charolus Penfui.Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPS sebanyak 35 peserta didik pada semester ganjil tahun 2022/2023.Metode penelitian dalam penelitian ini adalah Pendidikan Tindakan Kelas(PTK).Untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi Informasi Akuntansi pada peserta didik pada pembelajaran ekonomi kelas XII di SMA Sinth Carolus Penfui. Dapat diketahui dengan menghitung persentase ketuntasan belajar berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu sebesar ≤75.
Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa diperoleh nilai pretes siswa yang tuntas adalah 14,3% dengan rata-rata nilai siswa 51. Siklus I 45% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal dengan rata-rata nilai 60,5. Akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 85 % siswa memperoleh nilai ≥ 75. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II 88,56% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal dan rata-rata nilai berarti telah melampaui indikator keberhasilan, sehingga penelitian berhenti di siklus II. Untuk pengujian perbedaan yang positif dan signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan uji t dengan dk=n-k-1, dk= 35-1-1= 33 pada α= 0,025. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 11,8 dan ttabel= 2,03452 sehingga thitung ttabel (11,8 > 2,03452). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa positif dan signifikan sehingga Ha diterima.
Penggunaan model pembelajaran kooperatfi tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XII Ips SMA Sint Carolus Penfui pada materi informasi akuntansi.
Kata kunci : Model kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS),Penelitian tindakan kelas (PTK)


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ARKADIUS MANGGAL - Personal Name
Student ID
1801080099
Dosen Pembimbing
Erika Feronika BR Simanungkalit - 199212222019032017 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Ketua Penguji
Erika F. Br Simanungkalit,S.Pd,M.Pd - 199212222019032017 - Penguji 1
Andri Paulus Loe - 199105272019031014 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 MAN U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA