Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA BAB 4 Topik C .1 Energi Cahaya Di Kelas IV SDI Oesapa Kecil 1 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA BAB 4 Topik C .1 Energi Cahaya Di Kelas IV SDI Oesapa Kecil 1 Kota Kupang

XML

Masalah dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di SDI Oesapa Kecil 1 Kota Kupang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif quasi eksperimental design dengan menggunakan bentuk penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 81 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik menggunakan teknik probablity sampling dengan simple random sampling di mana pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) Tes. Instrumen penelitian tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar siswa. Sebelum instrumen digunakan, dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas terlebih dahulu. Setelah semua data terkumpul kemudian dianalisis dan hasilnya akan digunakan untuk uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan jika ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran discovery learning 71,48 lebih tinggi dibanding dengan model pembelajaran konvensional dengan rata-rata 62,22. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dengan bantuan software SPSS versi 16. Berdasarkan data diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel atau 1,870 > 1,671 sehingga H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan teruji oleh data dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Discovery Learning , Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
KHAIRUNNISA MUHAMMAD UBA - Personal Name
Student ID
1901140025
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
SOFIA G UN LALA - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
SOFIA G UN LALA - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : .,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 UBA P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA