Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 1 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 1 TENTANG ORGAN GERAK HEWAN PADA SISWA KELAS V SD GMIT HAUNOMATEN KABUPATEN TTS
XMLTujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi organ gerak hewan menggunakan model pembelajaran kooperarif tipe jigsaw. Tujuan ini didasarkan pada pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran di SD GMIT Haunomaten Kabupaten TTS yang masih didominasi dengan metode ceramah, belum melibatkan siswa secara aktif. Kondisi ini menyebabkan siswa yang kurang aktif atau kurang mampu akan kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa rendah. Tercatat pada pembelajaran materi organ gerak hewan hanya 9 dari 17 siswa (52,94%) yang mencapai KKM. Dengan demikian perlu sebuah upaya perbaikan secara komperhensif yakni dengan melibatkan siswa secara aktif dan penguasaan teknik jigsaw pada materi organ gerak hewan.
Penelitian ini dilakukan di SD GMIT Haunomaten Kabupaten TTS. Jenis penelitian PTK dengan subyek siswa kelas V dengan jumlah 17 orang, namun pada saat penelitian siswa yang hadir berjumlah 14 orang. Penelitian ini di lakukan dilakukan sebanyak dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitiannya adalah lembar soal tes dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Indikator keberhasilan 80% siswa yang tuntas dengan KKM yang ditentukan yaitu 75.
Hasil penelitian menunjukan pada siklus I terdapat 8 dari 14 siswa (57, 14%) tuntas dengan rata-rata 69,71; nilai tertinggi 86 dan nilai terendah 52. Pada siklus II meningkat menjadi 13 dari 14 siswa yang tuntas (92, 86%); nilai tertinggi 100, nilai terendah 68. Hasil observasi tindakan mengajar guru pada siklus I mencapai nilai 71,42 dengan kriteria B meningkat pada siklus II yakni 87,5 dengan kriteria A. Sedangkan untuk observasi partisipasi siswa pada kelompok asal dan kelompok ahli siklus I dengan rata-rata keaktifan kelas mencapai 56,43% dengan kategori C, meningkat pada siklus II yaitu 81,54% dengan kriteria A. Dengan demikian makan disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD GMIT Haunomaten pada materi organ gerak hewan.
Kata kunci: Model kooperatif tipe Jigsaw, Organ Gerak Hewan, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Margareta Anna Surat - Personal Name
|
Student ID |
1601140176
|
Dosen Pembimbing |
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Sur P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |