Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tema 5 Ekosistem Subtema 2 Hubungan Antarmakhluk Hidup untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Nauhadeoen Kabupaten Rote Ndao (Penelitian Tindakan Kelas)

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tema 5 Ekosistem Subtema 2 Hubungan Antarmakhluk Hidup untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Nauhadeoen Kabupaten Rote Ndao (Penelitian Tindakan Kelas)

XML

Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Nauhadeoen Kabupaten Rote Ndao dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa siklus I dari 17 orang yang tuntas 9 orang (52%), tuntas karena siswa memperhatikan penjelasan materi pembelajaran, dapat mengerjakan LKPD, mendengarkan dan melitan materi dalam bentuk video pembelajaran, menanggapi pertanyaan guru dan menyampaikan pertanyaan setelah mendengarkan materi pembelajaan dengan baik dan media membantu memudahkan pemahan siswa tentang materi, yang tidak tuntas 8 orang (47%), tidak tuntas karena siswa kurang memperhatikan penjelasan materi pembelajaran, belum mengerjakan LKPD dengan benar, kurang mendemgarkan dan melihat materi dalam bentuk video pembelajaran, belum menenggapi pertanyan dari guru, dan belum mengerjkan soal evaluasi dengan baik. Siklus II yang tuntas 14 orang (82%) tuntas karena siswa memperhatikan penjelasan guru mengunakan media pembelajaran, media video dengan baik, siswa mempu mengerjakan LKPD dengan bener, siswa mampu menjawab pertanyaan dari guru, siswa mampu memberikan pertanyaan ketika mendengarkan pemaparan materi melalui media pembelajaran, dan juga siswa mampu mengerjakan soal evaluasi dengan baik. Yang tidak tuntas 3 (17%) tidak tuntas karena kurang memperhatian materi yang diberikan oleh guru, belum mengerjakan LKPD dengan benar, belum menengapi pertanyaan guru dan menyampaikan pertanyaan setelah pembelajaran, dan juga belum mengerjakan soal evaluasi dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran tema 5 subtema 2 pembelajaran 4 dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri Nauhadeoen. Hal ini dibuktikan dengan hasil siklus I 9 orang (52%) yang tuntas dan siklus II 14 orang (82%) yang tuntas
Kata kunci : Model Problem Based Learning, Pembelajaran Tematik dan Hasil belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ONGKI MESAKH - Personal Name
Student ID
1901140143
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 1
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 MES P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA