Etika Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Bangka Leda Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai

Detail Cantuman

Skripsi

Etika Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Bangka Leda Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Etika Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Bangka Leda Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu untuk menganalisis data dengan mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya, yang berkaitan dengan etika pelayanan publik di kantor Kelurahan Bangka Leda Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang yang terdiri dari dari Lurah, Sekretaris Lurah, Pegawai Kelurahan dan Masyarakat pengguna layanan. Teknik analisis data dengan menggunakan langkah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Dalam menganalisis masalah peneliti menggunakan pendapat Martins Jr (1979) tentang indikator yang menjadi pedoman dalam pelayanan yang beretika yaitu persamaan hak, keadilan, kesetiaan dan pertanggungjawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika pelayanan publik yang di terapkan di Kantor Kelurahan Bangka Leda Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai belum sepenuhnya diterapkan dengan baik apabila di tinjau dari aspek 1) persamaan hak. Persamaan hak belum dijalankan dengan maksimal, karena masih ada perbedaan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, siapa yang punya kenalan itu yang dahulu dilayani, 2) Keadilan, sudah dilakukan secara adil dan tidak membeda-bedakan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat apapun status sosialnya, 3) Kesetiaan, belum diterapkan dengan baik. Dimana pegawainya datang terlambat ke kantor juga tidak semua pegawai selalu ada di Kantor Kelurahan sehingga pelayanan yang diberikan tidak berjalan dengan baik, 4) Pertanggungjawaban, belum sepenuhnya diterapkan dengan baik. Dimana adanya unsur perbedaan pelayanan yang masyarakat dapatkan dari para pegawai. Ada yang mendapatkan pelayanan yang baik dan sebaliknya ada yang mendapatkan pelayanan yang kurang baik dari pegawai sehingga tanggung jawab mereka kurang berkenan dihati masyarakat. Dalam hal ini tanggungjawab pegawai di kantor kelurahan Bangka Leda perlu ditingkatkan terutama menyangkut pelayanan secara sama kepada masyarakat. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah agar pihak Kantor Kelurahan Bangka Leda dalam hal ini Lurah, memberikan sanksi atau teguran kepada pegawai yang lalai dalam menjalankan tugas dan tidak tepat waktu datang ke kantor.
Kata Kunci: Etika Pelayanan Publik, Kelurahan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIA ARMELIA AMAL - Personal Name
Student ID
1803010144
Dosen Pembimbing
MARIA MAGDALENA LINO - 196312071990032001 - Dosen Pembimbing 1
HENDRIK TODA - 198312042009121005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maria Magdalena Lino - 196312071990032001 - Ketua Penguji
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Penguji 1
Yohanis Ndoda - 195810051987021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 AMA E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA