Politik Minus Partisipasi Perempuan (Studi Kasus Pada Perempuan Yang Tidak Mencalonkan Diri Sebagai Kepala Desa Di Desa Watumbelar Kecamatan Lewa Tidahu Kabupaten Sumba Timur).

Detail Cantuman

Skripsi

Politik Minus Partisipasi Perempuan (Studi Kasus Pada Perempuan Yang Tidak Mencalonkan Diri Sebagai Kepala Desa Di Desa Watumbelar Kecamatan Lewa Tidahu Kabupaten Sumba Timur).

XML

Penelitian Ini Berjudul “Politik Minus Partisipasi Perempuan” (Studi Kasus Pada Perempuan Yang Tidak Mencalonkan Diri Sebagai Kepala Desa Di Desa Watumbelar Kecamatan Lewa Tidahu Kabupaten Sumba Timur”). Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengapa perempuan minus berpartisipasi dalam mencalonkan diri sebagai kepala desa dan apakah dampak dari minus politik partisipasi perempuan dalalam mencalonkan diri sebagai kepala desa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan dan menganalisis rendahnya partisipasi perempuan dalam mencalonkan diri sebagai kepala desa serta dampak dari rendahnya partisipasi perempuan dalam mencalonkan diri sebagai kepala desa di Desa Watumbelar. Teori yang digunakan adalah Teori Partisipasi dari Herbert Mclosk. Partisipasi adalah penentuan sikap dan keterlibatan hasrat setiap individu untuk berperan dalam setiap pertanggung jawaban bersama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan adalah teknik purposive sampling. Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa rendahnya Partisipasi Perempuan di Desa Watumbelar Kecamatan Lewa Tidahu Kabupaten Sumba Timur dipengaruhi oleh faktor Keluarga, Budaya Patriarki, finansial, dan kurangnya pengetahuan tentang politik. Sehinggah dampak dari minusnya politik partisipasi perempuan terjadinya Diskriminasi dan program pemberdayaan terhadap perempuan tidak berjalan. Kesimpulan dari penilitian ini, rendahnya partisipasi perempuan dalam mencalonkan diri sebagai kepala desa tidak terlepas dari berbagai hambatan struktural dan kultural yang menghalangi perempuan untuk berpartisipasi dalam dunia politik. Saran penulis bagi masyarakat di Desa Watumbelar untuk mendukung serta mengupayakan agar perempuan mampu berpartisipasi dalam urusan politik, adapun bagi pemerintah agar tetap mendorong masyarakat khusunya perempuan sehingga mampu berpartisipasi dalam politik dan juga keterlibatan perempuan dalam struktur pemerintahan di Desa Watumbelar.
Kata Kunci: Partisipasi, Perempuan, Politik


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yonatan Umbu Kaha - Personal Name
Student ID
1703030177
Dosen Pembimbing
LASARUS JEHAMAT - 197805242006041006 - Dosen Pembimbing 1
IMANTA I PERANGINANGIN - 197408142005011002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Lasarus Jehamat - 197805242006041006 - Ketua Penguji
Imanta I Peranginangin - 197408142005011002 - Penguji 1
Balkis Soraya Tanof - 196801301994032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang, Nusa Tenggara Timur.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Kah P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA