PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN TEMA 5, SUB TEMA 3, PEMBELAJARAN 1, UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS lV SDK ST. ANTONIUS OELOLOK KABUPATEN TTU

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN TEMA 5, SUB TEMA 3, PEMBELAJARAN 1, UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS lV SDK ST. ANTONIUS OELOLOK KABUPATEN TTU

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation pada Pembelajaran Tema 5 Pahlawanku, Sub-tema 3 Sikap Kepahlawanan, Pembelajaran 1, untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDK St. Antonius Oelolok Kabupaten TTU?. Tujuan dalam penelitian ini adalah : untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe Groub Investigation pada tema 5 Pahlawanku, sub tema 3 sikap kepahlawanan, pembelajaran 1, dapat meningkatkan hasil pembelajaran di kelas IV SDK St. Antonius Oelolok kabupaten TTU. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan deskriptif kualitatif. dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes. dengan subjek berjumlah 15 orang dengan rincian siswa laki-laki 7 orang dan siswa perempuan 8 orang.
Penelitian ini dilaksanakan di SDK St. Antonius Oelolok. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I sebanyak 15 subjek yang diteliti. maka yang tuntas pada siklus I yakni 6 orang (40%) dikarenakan selalu memusatkan perhatian pada saat pembelajaran berlangsung, selalu aktif dalam kelas, percaya diri ketika menjawab pertanyaan dan tertib pada saat proses pembelajaran berlangsung, serta aktif di dalam setiap kelompoknya. Dari hasil tes Siswa yang memenuhi standar KKM yaitu 65 dan dapat predikat cukup baik serta mencapai indikator keberhasilan, yaitu 80%. Sedangkan 9
orang lainnya dari 15 subjek (60%) belum mencapai standar ketuntasan dikarenakan siswa kurang memusatkan perhatian, kurang aktif, kurang percaya diri, pasif saat guru memberikan pertanyaan, dan lama dalam memahami materi. Dari hasil tes tidak memenuhi standar KKM yaitu dibawa nila 65 dan memperoleh predikat cukup. Adapun kekurangan guru dalam proses pembelajaran seperti guru kurang fokus dalam menyampaikan materi yang di bawakan, belum mempersiapkan diri dan juga materi yang ingin diajarkan, dan tidak mengenal murid secara lebih pribadi. Selanjutnya siklus II hasil belajar siswa meningkat. Yakni dari 5 subjek yang diteliti sudah mencapai standar ketuntasan dengan presentase 100%, dikarenakan siswa sudah memhami pembelajaran secara baik, bekerja sama dalam kelompok, percaya diri dan tidak ragu dalam menjawab pertanyaan yang diberikan didalam soal tes. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Groub Investigation pada pembelajaran tentang tema 5, subtema 3, pembelajaran 1 dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDK St. Antonius Oelolok. Hal ini dibuktikan bahwa siklus II mengelami peningkatan dan selanjutnya semua data menunjukan seluruh siswa dapat mencapai nilai minimal ketuntasan, dengan demikian maka model pembelajaran Groub Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Model Groub Investigation, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Bendita Taresa Bani - Personal Name
Student ID
1901140035
Dosen Pembimbing
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ban P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA