Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 2 Nubatukan

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 2 Nubatukan

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Nubatukan Tahun Ajaran 2021/2022. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 89 siswa dan jumlah sampel sebanyak 73 responden. Teknik pengambilan sampel Proportional Sampling. Teknik analisisa data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis regresi linier bergada. Sebelum melakukan perhitingan analisis regresi linier berganda harus terlebih dahulu memenuhi uji kualitas data dan uji asumsi klasik. Uji kualitas data terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik terdiri dari uji linearitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis terdiri dari uji koefisien determinasi, uji simultan (uji f), dan uji parsial (uji t). Alat analisis penelitian ini menggunakan aplikasi komputer SPSS versi 21.
Hasil penelitian menunjukan bahwa indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik data residual berdistribusi normal, variabel independen dan dependen mempunyai hubungan yang linier, tidak terjadi gejala multikolinieritas dan heteroskedastisitas. Kemudian disiplin belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Nubatukan dibuktikan dengan nilai F_(hitung )> F_tabel (21,170 > 3,13) dan signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Secara parsial disiplin belajar 〖(X〗_1) berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Nubatukan dengan nilai T_(hitung )> T_tabel (3,880 > 1,994) dan signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Lingkungan belajar 〖(X〗_2) berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Nubatukan, dibuktikan dengan nilai T_(hitung )> T_tabel (2,219 > 1,994) dan signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,030 < 0,05). Pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 0,377 atau 37,7% dan sisanya sebesar 0,62,3 atau 62,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Kata Kunci; Disiplin Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
THERESIA KEWINAI TOLOK - Personal Name
Student ID
1801080051
Dosen Pembimbing
Fernando Saragih - 199407232020121009 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andri Paulus Loe - 199105272019031014 - Ketua Penguji
Ari Data - 197209022003121003 - Penguji 1
Fernando Saragih - 196301271990031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 TOL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA