Skripsi
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TENTANG ORGAN PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS V UPTD SDN OESAPA KECIL 2 KUPANG
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa muatan IPA tantang organ pencernaan manusia kelas V UPTD SDN Oesapa Kecil 2 Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 48 siswa dengan sampel berjumlah sama, 24 siswa pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes essai yang sesuai indikator. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data tes, menunjukkan bahwanilai thitung 6,280 sedangkan ttabel 2,013. Terlihat bahwa nilai thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa muatan IPA tentang organ pencernaan manusia pada kelas V UPTD SDN Oesapa Kecil 2 Kupang.
Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Maria Gratia Afrili Trisnawati - Personal Name
|
Student ID |
1801140047
|
Dosen Pembimbing |
PAULINA RIWU GAH - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1 Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Tri P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |