Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peredaran Darahku Sehat Di Kelas V SD GMIT Kapan 1 Kabupaten TTS

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peredaran Darahku Sehat Di Kelas V SD GMIT Kapan 1 Kabupaten TTS

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Peredaran Darahku Sehat melalui model pembelajaran Problem Based Learning di kelas V SD GMIT Kapan 1 Kecamatan Mollo Utara Kabupaten Timor Tengah Selatan?. Pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah dengan merancang proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi Peredaran Darahku Sehat melalui model pembelajaran Problem Based Learning di kelas V SD GMIT Kapan 1 Kecamatan Mollo Utara Kabupaten Timor Tengah Selatan.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD GMIT Kapan 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) keterampilan guru pada siklus I diperoleh skor 60 dengan rata-rata 75% yang berkategori baik , Siklus II dengan jumlah skor yang diperoleh adalah 81 dengan rata-rata mencapai 92,05% yang berkategori sangat baik, (2) Keaktifan siswa pada siklus I, diperoleh skor sebesar 1147 dengan rata-rata mencapai 68,93% yang berkategori baik. Pada siklus II, diperoleh skor 1980 dengan rata-rata 95,41% berkategori baik sekali, (3) hasil belajar siswa pada siklus I, diperoleh skor 1980, rata-rata mencapai 61,87 dan ketuntasan sebesar 50%. Pada siklus II, diperoleh skor 2850, nilai rata-rata mencapai 89,06, ketuntasan 88%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peredaran darahku sehat di kelas V SD GMIT Kapan 1 Kabupaten TTS.

Kata kunci : Problem Based Learning, Peredaran Darahku Sehat


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
DEWI HARTINI da SILVA - Personal Name
Student ID
1901140168
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 SIL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA