Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI IPS SMA Negeri Kuanfatu

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI IPS SMA Negeri Kuanfatu

XML

Penelitian ini mengkaji penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri Kuanfatu. Penelitian ini berlatar belakang hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipenerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri Kuanfatu.
Model dalam penelitian ini menggunakan model penelitian Kurt Lewin yang terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah 29 siswa. Tenik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan tes, observasi dilakukan untuk mengamati tingkat aktivitas guru dan siswa sedangkan tes diberikan kepada siswa untuk melihat pemahaman siswa dan untuk mengetahui hasil belajar siswa.
Hasil penelitian yang dilakukan pada siklus 1 terdapat 13 siswa yang tuntas (44,82%) dan terdapat 16 siswa yang tidak tuntas (55,18%) dengan nilai rata-rata mencapai (61,72%) serta pada lembar observasi guru tingkat aktivitasnya mencapai (87,5%) dan pada lembar observasi siswa tingkat aktivitasnya mencapai (50,17%), sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan dengan terdapat 26 siswa yang tuntas (89,65%) dan terdapat 3 siswa yang tidak tuntas (10,35%) dengan nilai rata-rata (85%) serta pada lembar observasi guru tingkat aktivitasnya mencapai (98,75%) dan pada lembar observasi siswa tingkat aktivitasnya mencapai (77,58%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menerapkan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IPS SMA Negeri Kuanfatu Tahun Ajaran 2022/2023

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
REMILA A. M. SUGIONO - Personal Name
Student ID
1801080083
Dosen Pembimbing
Yeheskial Nggandung - 19630127199031002 - Dosen Pembimbing 1
Markus U.K.Yewang - 196412231994031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fernando Saragih - 196301271990031002 - Ketua Penguji
Yeheskial Nggandung - 198408142019032008 - Penguji 1
MARKUS UMBU K. YEWANG - 196412231994031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 SUG P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA