Skripsi
Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran Tentang Sifat-Sifat Cahaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SDK Kuaputu Kabupaten Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya melalui penerapan pendekatan keterampilan proses di kelas IV SDK Kuaputu Kabupaten Kupang. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Katolik Kuaputu Kabupaten Kupang yang berjumlah 12 orang yakni 5 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif.
Penelitian ini dilaksanakan di SDK Kuaputu Kabupaten Kupang dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa siklus I dari 12 orang yang tuntas 7 orang (58,33%), tuntas karena siswa lebih aktif selama pembelajaran berlangsung, siswa aktif dalam berdiskusi dengan teman kelompok mengenai materi yang diperoleh sehingga tidak hanya mendengar penjelasan namun siswa dapat membuktikan tentang apa yang sudah dijelaskan oleh guru, yang tidak tuntas 5 orang (41,67%), tidak tuntas karena siswa tidak aktif selama proses pembelajaran, serta kurang antusias dalam berdiskusi di kelompok, malu bertanya dan menjawab pertanyaan guru, kurangnya rasa percaya diri siswa dalam menyampaikan pendapat. Siklus II yang tuntas 10 orang (83,33%) tuntas karena siswa aktif selama proses pembelajaran, antusias dalam berdiskusi dengan teman dalam kelompok, menjawab pertanyaan dari guru, berani menyampaikan pendapat, yang tidak tuntas 2 orang (16,66%) tidak tuntas karena tidak antusias dalam proses pembelajaran dan tidak bisa diajak bekerjasama dalam kelompok.
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Pendekatan keteramilan proses pada pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDK Kuaputu Kabupaten Kupang sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang diharapkan. Hal ini dibuktikan dengan hasil siklus I 7 orang (58,33%) yang tuntas dan siklus II 10 orang (83,33%) yang tuntas.
Kata kunci : Keterampilan proses, Hasil belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ESTER LEO LEBA - Personal Name
|
Student ID |
1901140053
|
Dosen Pembimbing |
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1 Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 LEB P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |