Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran Tentang Sifat-Sifat Cahaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SDK Kuaputu Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran Tentang Sifat-Sifat Cahaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SDK Kuaputu Kabupaten Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya melalui penerapan pendekatan keterampilan proses di kelas IV SDK Kuaputu Kabupaten Kupang. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Katolik Kuaputu Kabupaten Kupang yang berjumlah 12 orang yakni 5 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif.

Penelitian ini dilaksanakan di SDK Kuaputu Kabupaten Kupang dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa siklus I dari 12 orang yang tuntas 7 orang (58,33%), tuntas karena siswa lebih aktif selama pembelajaran berlangsung, siswa aktif dalam berdiskusi dengan teman kelompok mengenai materi yang diperoleh sehingga tidak hanya mendengar penjelasan namun siswa dapat membuktikan tentang apa yang sudah dijelaskan oleh guru, yang tidak tuntas 5 orang (41,67%), tidak tuntas karena siswa tidak aktif selama proses pembelajaran, serta kurang antusias dalam berdiskusi di kelompok, malu bertanya dan menjawab pertanyaan guru, kurangnya rasa percaya diri siswa dalam menyampaikan pendapat. Siklus II yang tuntas 10 orang (83,33%) tuntas karena siswa aktif selama proses pembelajaran, antusias dalam berdiskusi dengan teman dalam kelompok, menjawab pertanyaan dari guru, berani menyampaikan pendapat, yang tidak tuntas 2 orang (16,66%) tidak tuntas karena tidak antusias dalam proses pembelajaran dan tidak bisa diajak bekerjasama dalam kelompok.

Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Pendekatan keteramilan proses pada pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDK Kuaputu Kabupaten Kupang sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang diharapkan. Hal ini dibuktikan dengan hasil siklus I 7 orang (58,33%) yang tuntas dan siklus II 10 orang (83,33%) yang tuntas.
Kata kunci : Keterampilan proses, Hasil belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ESTER LEO LEBA - Personal Name
Student ID
1901140053
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 LEB P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA