Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas X Di SMA Negeri 1 Nangapanda Pada Materi Dinamika Atmosfer

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas X Di SMA Negeri 1 Nangapanda Pada Materi Dinamika Atmosfer

XML

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar geografi Kelas X SMA Negeri 1 Nangapanda pada materi dinamika atmosfer. Adapun salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik adalah guru dalam mengajar belum menerapkan model yang sesuai sehingga peserta didik belum terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Sumber belajar yang belum memadai sehingga peserta didik lebih banyak mendengarkan guru dari pada belajar secara mandiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu Quasi Eksperimen Desain yang dilakukan dengan 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IIS 1 sebanyak 20 peserta didik dan kelas X IIS 3 sebanyak 20 peserta didik. Intrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan tes hasil belajar. Tes yang digunakan yaitu Pretest dan Postest. Pretest untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum diberikan perlakuan. Posttest untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sesudah dierikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diterapkan menggunakan model pembelajaran Make A Match yaitu 34,6 meningkat menjadi 81,40. Sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 40,65 meningkat menjadi 71,05. Hasil uji regresi linear sederhana anova (one way-anova) diperoleh nilai probabilitas (sig) 0,00 lebih kecil dari nilai signifikan yang diterapkan yaitu 0,05, sehingga dapat dikatakan Ha diterima yang artinya ada pengaruh dan Ho ditolak artinya tidak ada pengaruh. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yaitu ada pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar geografi peserta didik pada materi dinamika atmosfer di kelas X di SMA Negeri 1 Nangapanda Tahun Ajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Make a Match, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1701100003
Dosen Pembimbing
MIKAEL SAMIN - 196209181990031003 - Dosen Pembimbing 1
Sunimbar - 198901012019032025 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mikael Samin - 196209181990031003 - Ketua Penguji
Sunimbar - 19890101201903025 - Penguji 1
Muhammad H. Hasan - 19880602 2019031012 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Geografi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 NAM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA