Hierarki Pelayanan Sosial Ekonomi “Kios Bugis” Di Kecamatan Oebobo Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Hierarki Pelayanan Sosial Ekonomi “Kios Bugis” Di Kecamatan Oebobo Kota Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hierarki keberadaan Kios Bugis dalam pelayanan sosial ekonomi di Kecamatan Oebobo, dan 2) untuk mengetahui pengaruh jarak terhadap persaingan antar Kios Bugis.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian survey deskriptif. Sampel yang digunakan adalah 40 pemilik kios yang berasal dari Bugis dan 38 masyarakat (pembeli) yang ada di Kecamatan Oebobo. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi yang kemudian menganalisa data dengan menggunakan metode deskriptif yaitu dengan cara mengumpulkan data yang diperoleh melalui hasil wawancara, dokumentasi, dan lembar observasi kemudian data tersebut dipaparkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan kios Bugis sangat bermanfaat dan memberi pengaruh terhadap masyarakat sekitar. Karena kios lebih mudah ditemukan, harga barang yang terjangkau dibanding dengan harga di luaran, serta jarak dengan rumah yang dekoat sehingga memudahkan dalam hal pemenuhan kebutuhan untuk warga sekitar. Keberadaan kios Bugis Terlebih pada saat masa pandemi covid-19 sangat membantu di kala masyarakat kesulitan mendapat barang kebutuhan dari pasar maupun minimarket, kios Bugis berperan untuk memenuhi kebutuhan kecil bagi masyarakat. Sementara untuk jarak kios terhadap persaingan sendiri yaitu ditemukan bahwa terdapat persaingan di antara mereka yaitu pedagang Kios Bugis dalam hal penentuan lokasi usaha yang mana pemilik kios cenderung memilih tempat yang sama atau berdekatan, sehingga menimbulkan persaingan namun pedagang Kios Bugis ini bersaing secara sehat.
Kata Kunci: Kios Bugis, Hierarki, Pelayanan Sosial Ekonomi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901100083
Dosen Pembimbing
Penguji
Hamza Huri Wulakada - 198107032009121002 - Ketua Penguji
Muhammad Husain Hasan - 198806022019031012 - Penguji 1
Sukmawati - 19890917 202203 2 006 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Geografi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 DIN H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA