Efektivitas Implementasi Pendaftaran Penduduk oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Timor Tengah Selatan Berdasarkan Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 28 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.

Detail Cantuman

Skripsi

Efektivitas Implementasi Pendaftaran Penduduk oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Timor Tengah Selatan Berdasarkan Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 28 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ditemukannya masalah terkait efektivitas pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Selatan, seperti tidak adanya kepastian waktu penyelesaian pengurusan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat, dan masih ditemukannya sejumlah kesalahan dalam pengurusan dokumen kependudukan sehingga membutuhkan waktu lagi untuk memperbaikinya. Adapun rumusan masalah yang diteliti adalah: (1) Bagaimanakah efektivitas implementasi pendaftaran penduduk di Kabupaten Timor Tengah Selatan? (2) Apakah kendala-kendala yang menghambat efektivitas implementasi pendaftaran penduduk? Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris. Lokasi penelitian di Kantor Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Selatan. Penelitian ini menggunakan pedoman wawancara terhadap para narasumber. Data dianalisis secara deskriptif –kualitatif, dengan menggunakan tabel-tabel sederhana.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Efektivitas Implementasi Pendaftaran Penduduk oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Timor Tengah Selatan berdasarkan Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 28 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil belum terlaksana dengan optimal. (2) Kendala-kendala yang menghambat efektivitas implementasi pendaftaran penduduk adalah sumber daya manusia yang belum terlalu berpengalaman dalam melakukan pelayanan, rendahnya kesadaran masyarakat, sarana dan prasarana juga belum memadai sehingga pelayanan belum berjalan dengan baik atau belum efektif.
Berdasarkan Hasil penelitian tersebut disarankan bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Selatan agar lebih memperhatikan kualitas pelayanan yang di berikan kepada masyarakat, terutama dalam hal kecepatan dan ketepatan dalam melayani masyarakat sehingga masyarakat tidak merasa dirugikan dan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.
Kata Kunci: Efektivitas, pendaftaran penduduk, kendala-kendala yang menghambat.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maya Marleni Tiumlafu - Personal Name
Student ID
1902010419
Dosen Pembimbing
Norani Asnawi, S.H., M.H - 19730808 200604 2 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hyronimus Buyanaya - 196009301987021001 - Ketua Penguji
Norani Asnawi - - Penguji 1
Dr. Yohanes G. Tuba Helan, S.H., M.H - 19600110 198501 1 002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 Tiu E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA